Dorong Digitalisasi Keuangan BUMDes, Dosen Unnes Kenalkan Aplikasi SiDeSRi

- Selasa, 26 Juli 2022 | 10:12 WIB
Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Unnes saat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kopeng. (suaramerdeka.com / dok Unnes)
Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Unnes saat melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kopeng. (suaramerdeka.com / dok Unnes)

GETASAN, suaramerdeka.com - Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes) memperkenalkan aplikasi SiDeSRi kepada masyarakat Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Tim pengabdian dari Prodi Ekonomi Pembangunan ini terdiri dari Dwi Rahmayani, Yozi Aulia Rahman, dan Phany Inneke Putri.

SiDeSRi merupakan akronim dari Aplikasi Sistem Informasi Desa Mandiri, dimaksudkan untuk memudahkan pelaku UMKM masyarakat setempat, terkait pembukuan dan laporan keuangan.

Baca Juga: Baca Ramalan Primbon Jawa soal Jodoh Selasa Pon, Ada 6 Weton yang Cocok Lho!

"Tema ini kami ambil berangkat dari kelemahan administrasi keuangan yang dialami oleh UMKM sebagai mitra utama dari BUMDes, khususnya di daerah desa wisata," kata Dwi, Selasa 26 Juli 2022.

Kegiatan pengabdian bertajuk Scale Up Kapabilitas Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan SIDesRi ini sudah dilangsungkan pada 30 Juni hingga 1 Juli 2022 lalu.

Dwi menilai, UMKM di desa wisata setempat masih banyak memiliki kelemahan. Diantaranya menyangkut pembukuan dan laporan keuangan yang masih sangat sederhana.

Kondisi tersebut mengakibatkan pencatatan arus kas masuk dan keluar menjadi tidak jelas.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 Berkembang Pesat, Siap Hadapi Turnamen Piala AFF

Imbasnya pada ketidakmampuan dalam mengembangakan usaha, termasuk kesulitan menyusun rencana bisnis yang baik.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X