Apresiasi Batik Karaton, Mahasiswa Desain Mode Batk ISI Surakarta Gelar Pameran dan Webinar

- Jumat, 18 Juni 2021 | 11:00 WIB
Kain batik dari Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipamerka di Gedung Sungging Prabangkara. (suaramerdeka.com / dok)
Kain batik dari Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipamerka di Gedung Sungging Prabangkara. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com – Sebagai bentuk apresiasi terhadap busana, perlengkapan aksesoris, dan batik Klasik Karaton, mahasiswa Program Studi Desain Mode Batik ISI Surakarta mengadakan pameran, selama dua hari pada tanggal 16 sampai 17 Juni 2021.

Hari pertama diadakan pameran di Gedung Sungging Prabangkara, pameran ini memamerkan busana, aksesoris, dan batik dari Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Disebutkan, batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Nusantara yang telah ada. Dalam Pola batik mempunyai filosofi yang tertuang dalam proses pembuatannya.

Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningkrat merupakan salah satu entitas kebudayaan yang memposisikan diri sebagai salah satu pusat dan rujukan batik Karaton.

Baca Juga: WHO: Lansia Rentan Tertular Covid-19 Butuh Dukungan Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Batik klasik merupakan ragam hias pola yang dibuat dengan metode batik yang muncul dan berkembang di lingkungan karaton, khususnya di wilayah Surakarta Hadiningrat.

“Untuk belajar dan membuat Batik Turunan Klasik yang benar-benar original adalah gampang-gampang susah, dikarenakan dalam segi pembuatannya membutuhkan kejelian, ketekunan, dan kesabaran,” ujar Aan Sudarwanto, S. Sn., M. Sn., selaku Ketua Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta.

“Dan dalam Batik klasik yang notabene adalah batik keraton yang telah mencapai titik puncak atau tataran yang paripurna,” katanya.

Baca Juga: Jogo Tonggo Kudus Bakal Jadi Contoh di Bangkalan Madura

Sutriyanto, S. Sn., M. A., Ketua Jurusan Kriya menuturkan, batik klasik termasuk dalam seni tinggi yaitu seni yang diciptakan di istana atau keraton.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Didorong Tingkatkan Penelitian Mutakhir

Selasa, 27 Juli 2021 | 13:32 WIB
X