UNDP dan UIII Akan Dirikan Center of Excellence Keuangan Islam dalam Capai SDGs

- Jumat, 18 Juni 2021 | 09:00 WIB
MoU Pendirian Center of Excellence Keuangan Islam SDGs. (suaramerdeka.com / dok)
MoU Pendirian Center of Excellence Keuangan Islam SDGs. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com  – United Nations Development Programme (UNDP) bersama dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) memulai kemitraan untuk mendirikan Center of Excellence (CoE) Keuangan Islam.

Hal ini untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang pertama di Indonesia, bersama dengan Islamic Development Bank (IsDB).

Kemitraan ini – yang dibentuk melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) - merupakan bagian dari strategi inovasi UNDP untuk memanfaatkan dan memperluas sumber pembiayaan untuk percepatan SDGs di Indonesia.

Indonesia, seperti negara-negara lainnya di dunia, dihadapkan pada kekurangan pendanaan SDGs miliaran dolar setiap tahun.

Baca Juga: Harga Emas Berjangka Terjungkal Usai Investor Mempercepat Aksi Jual

Center of Excellence, yang berlokasi di UIII, Depok, Jawa Barat, akan melakukan penelitian lanjutan dalam peningkatan dan pengembangan inisiatif, serta menjajaki peluang baru untuk penerapan praktis keuangan Islam untuk SDGs di berbagai bidang.

“Saya senang dapat mendukung inisiasi Center of Excellence ini, karena dapat membuka lebih banyak peluang dalam pembiayaan SDGs, yang bermanfaat bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” kata Norimasa Shimomura, Kepala Perwakilan UNDP Indonesia

“Pendirian Center of Excellence ini menandai tonggak sejarah dalam memelihara pembelajaran inovatif untuk menyatukan prinsip-prinsip keuangan Islam dengan pembangunan berkelanjutan.”

Berdasarkan MoU tersebut, Center of Excellence akan melakukan beberapa lingkup kegiatan, diantaranya, mengembangkan inisiatif bersama untuk menyalurkan instrumen keuangan Islam dalam mendukung pencapaian SDGs.

Baca Juga: Indonesia Terima 1 Juta Dosis Vaksin Sinopharm, Diharap Dukung Program Vaksin Gotong Royong

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Didorong Tingkatkan Penelitian Mutakhir

Selasa, 27 Juli 2021 | 13:32 WIB
X