Dorong Inovasi Produk Batik, Tim Pengabdian FE Unnes Latih Penguatan Digital Marketing

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:15 WIB
Kegiatan pelatihan penguatan digital marketing dan branding produk oleh tim pengabdian kepada masyarakat FE Unnes di Desa Kenteng. (suaramerdeka.com / dok Unnes)
Kegiatan pelatihan penguatan digital marketing dan branding produk oleh tim pengabdian kepada masyarakat FE Unnes di Desa Kenteng. (suaramerdeka.com / dok Unnes)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum lama ini suskes menyelenggarakan pelatihan penguatan digital marketing.

Selain pelatihan digital marketing, tim pengabdian ini juga memberikan pelatihan terkait branding produk Batik Shibori di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Ketua tim pengabdian, Dr Amir Mahmud menilai, kondisi pasar saat ini semakin kompetitif, diperlukan suatu inovasi berbasis digital.

Baca Juga: Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Akibat Infeksi Paru, Waspadai Ini Penyebab dan Gejalanya

Adapun Batik Shibori merupakan produk batik yang diproduksi oleh komunitas lanjut usia (lansia) Desa Kenteng. Komunitas lansia di sana mulai aktif mengembangkan Batik Shibori mulai 2019 lalu dan eksis sampai saat ini.

"Kendala yang dihadapi selama ini adalah aspek pemasaran yang hanya sebatas dari mulut ke mulut dan berdasarkan pesanan. Omzet penjualan relatif stabil walaupun terdampak pandemi," kata Amir melalui keterangan tertulis, Jumat 1 Juli 2022.

Menurutnya, dengan berkembangnya digitalisasi marketing, sudah saatnya Batik Shibori bangkit melakukan ekspansi atau perluasan wilayah pasar pada level nasional, melalui digital marketing dan branding produk.

Baca Juga: Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Akibat Mengidap Infeksi Paru, Ini Perjalanan Karirnya

Adapun tim pengabdian ini juga beranggotakan Ida Nur Aeni MSc, Riza Firmasyah MSi, Nurdian Susilowati MPd, serta Nurul Hayati, Eka Rahmawati, dan Rizka Yuliani.

Sementara, peserta pelatihan terdiri dari pengurus dan anggota komunitas lansia Batik Shibori, pemerintah desa yang diwakili oleh Kades dan Sekdes, perwakilan karang taruna, dan perwakilan masyarakat setempat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1000 Sajak Antarkan Unwahas Raih Penghargaan Leprid

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:11 WIB
X