17 Ribu Peserta Daftar Ujian Mandiri Undip

- Rabu, 16 Juni 2021 | 10:12 WIB
ujian mandiri Undip. (suaramerdeka.com / dok)
ujian mandiri Undip. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Universitas Diponegoro (Undip) membuka pendaftaran Ujian Mandiri (UM) bagi yang belum lolos SBMNPTN.

Jumlah peserta sementara yang terdaftar sampai dengan tanggal 15 Juni 2021 mencapai sekitar 17 ribu peserta.

Estimasi kuota yang akan diterima melalui jalur UM sebanyak 50 persen dari semua untuk jenjang S-1. Adapun jalur SNMPTN sebanyak 20 persen, dan jalur SBMNPTN sebanyak 30 persen.

Selasa 15 Juni 2021 dilaksanakan trial atau uji coba Ujian Mandiri (UM) tahun 2021 yang akan ditutup pendaftarannya pada tanggal 17 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga: Akreditasi Perpustakaan Tingkatkan Kepercayaan Pemustaka

Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA, Ketua LP2MP Undip mengatakan terdapat perbedaan teknis dalam pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Undip tahun 2020 dengan UM Undip tahun 2021.

"UM Undip tahun 2020 menggunakan seleksi raport serta portofolio, sedangkan pada tahun 2021 ini ditambah dengan tes tertulis berbasis komputer yang dikerjakan dari rumah masing-masing," katanya, Selasa 15 Juni 2021 dikutip dari laman Undip.

Budi menambahkan untuk mengawasi tes tertulis yang dikerjakan dari rumah, peserta ujian diwajibkan menggunakan aplikasi zoom dan menyalakan kamera di saat melakukan ujian.

"Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan kejujuran dalam seleksi peserta calon mahasiswa," ujarnya.

Sementara Ketua Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Dr. Bambang Cahyono, MS., menambahkan materi yang diujikan pada Ujian Mandiri (UM) Undip tahun 2021 ini ada dua yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X