Kasus Cyber Crime yang Terkait dengan Data Masih dalam Bentuk Gunung Es

- Rabu, 16 Juni 2021 | 07:55 WIB
Dekan Unisbank Kristophorus Hadiono PhD (kiri) menunjukkan MoU kerjasama disaksikan CTO Widya Security, Tri Febrianto. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Dekan Unisbank Kristophorus Hadiono PhD (kiri) menunjukkan MoU kerjasama disaksikan CTO Widya Security, Tri Febrianto. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Banyaknya kasus peretasan yang terjadi di dunia, termasuk  Indonesia mendorong Widya Security sebagai startup yang bergerak di jasa cyber security turut untuk mewujudkan tenaga SDM yang handal dibidang cyber security.

Hal ini diwujudkan dalam perjanjian kerja sama dengan Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang dalam pemberian materi perkuliahan bidang cyber security.

''Kita ingin membantu mencetak cyber security squad di Indonesia, dan hal ini juga sejalan dengan program Mendikbud yaitu Kampus Merdeka,'' kata CTO (Chief Technology Officer) Widya Security, Tri Febrianto dalam keterangannya, Selasa, 15 Juni 2021.

Baca Juga: Kendalikan Tembakau di Indonesia, Sejumlah Akademisi Membentuk AAKPT

Pihaknya mengatakan, saat ini, hampir semua orang di belahan dunia sangat bergantung kepada teknologi.

Mulai dari level individu hingga institusi pemerintah, semuanya memanfaatkan internet atau jaringan untuk melakukan semua kegiatannya.

Namun, internet atau jaringan seringkali mempunyai celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh hackers.

Baca Juga: Udinus Lolos PKKM 2021, Raih Hibah Rp 1,6 Miliar

Lebih buruknya lagi, para hackers juga tidak henti-hentinya berinovasi dalam mengembangkan banyak jenis serangan digital yang lebih berkualitas dan sangat sulit dideteksi.

''Oleh sebab itu kami menawarkan layanan dan solusi untuk keamanan data (security as a service). Aliran data yang beredar di masyarakat juga semakin banyak, hingga akhirnya keamanan data menjadi faktor penting dalam kebutuhan teknologi data saat ini,'' jelas Tri.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X