Sekolah Vokasi Undip Kembangkan Kapal HDPE, Ekonomis dan Ramah Lingkungan

- Jumat, 10 Juni 2022 | 22:36 WIB
Salah satu kegiatan Sekolah Vokasi Undip (foto: dok Sekolah Vokasi Undip)
Salah satu kegiatan Sekolah Vokasi Undip (foto: dok Sekolah Vokasi Undip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim peneliti dari Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (SV Undip) saat ini tengah mengembangkan kontruksi pembuatan kapal dengan bahan HDPE (high density polyethylene).

Kapal berbahan HDPE didedikasikan untuk pembuatan kapal nelayan yang mulai kesulitan mendapatkan kayu yang berkualitas.

Kreasi yang diwadahi dalam penelitian berjudul “Konstruksi Kapal HDPE Alternatif Penganti Kapal Kayu Pada Konstruksi Kapal Ikan Nelayan Pantura” dilatarbelakangi masalah yang dihadapi para perajin kapal nelayan sekarang ini.

Baca Juga: Hore 6 Zodiak Ini Akan Meraih Keberuntungan di Hari Jumat, 10 Juni 2022, Mungkin Anda?

Selain kesulitan mendapat bahan baku kayu yang berkualitas, harga kayu juga sangat mahal sehingga berat bagi para nelayan.

“Memang benar, bahwa para pengrajin kapal nelayan Pantura saat ini mengalami kesulitan mendapat kayu yang berkualitas, di sisi lain harga kayu juga sangat mahal. Karena itu saya bersama teman-teman dosen dibantu para mahasiswa mengembangkan prototype kapal ikan dengan konstruksi berbahan HDPE yang dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan,” kata Dr Mohd Ridwan, koordinator pengembangan kapal HDPE SV Undip.

Ridwan yang juga Kaprodi D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Undip mengatakan, penelitian ini sangat penting kemaritiman nasional.

Baca Juga: Om Hao Ungkap Penyebab Kematian Penari di Lokasi KKN: bukan karena Tumbal

Pasalnya, kata Ridwan, kapal-kapal milik nelayan di wilayah pantura yang menjadi penyangga kebutuhan ikan di Jawa umurnya sudah banyak yang tua.

Peremajaan kapal nelayan menjadi sebuah keniscayaan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X