Dosen USM Gelar Pelatihan Pembuatan Mi Mocaf Bunga Telang di Sekolah Alam Nufo Rembang

- Rabu, 1 Juni 2022 | 16:41 WIB
Dosen USM gelar pembuatan mi mocaf. (suaramerdeka.com/dok)
Dosen USM gelar pembuatan mi mocaf. (suaramerdeka.com/dok)

REMBANG, suaramerdeka.com - Dosen Universitas Semarang (USM) menggelar praktik pembuatan mi basah dari tepung komposit modified cassava flour (mocaf) – terigu dengan pewarna ekstrak bunga telang (Clitoria ternatea).

Kegitan tersebut dipimpin oleh Dosen USM Dr Ir Rohadi MP dan Ir Bambang Tutuko MM MT dibantu dua orang mahasiswa, dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (THP) USM Evi Windi Setyawati dan Dewi Isti.

Kegiatan dilaksanakan di aula sekolah Alam Nurul Furqon (Nufo) Rembang, Selasa, 24 Mei 2022.

Baca Juga: Juni Emas! Cek 7 Zodiak yang Diprediksi Rezeki Akan Lancar Datang dari Segala Penjuru

Diikuti sebanyak 25 siswa kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Semester Genap 20021/2022.

Mereka terbagi menjadi 3 kelompok kerja, yang tiap kelompok, membuat mi basah mocaf dengan pewarna ekstrak bunga telang, dengan komposisi tepung yang beda.

Tujuannya, agar tiap kelompok mampu membandingkan sifat-sifat mi yang diperoleh dari perlakuan yang beda.

Menurut Dr. Rohadi, Mi dapat dibuat dari beragam jenis tepung, seperti tepung beras, terigu, tepung mocaf, tapioka, tepung ubi ketela rambat dan jenis tepung lainnya.

Baca Juga: Link Nonton KKN di Desa Penari Gratis dan Legal Bukan LK21, Lengkap dengan Kilas Balik Film

"Mi merupakan makanan yang sangat disukai masyarakat Indonesia dan pembuatannya sangat mudah. Mi dapat dibuat dari beragam jenis tepung, seperti tepung beras, terigu, tepung mocaf, tapioka, tepung ubi ketela rambat dan jenis tepung lainnya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X