Kemenag Dorong Dosen PTKI Tingkatkan Kapasistas dan Percepatan Guru Besar

- Jumat, 27 Mei 2022 | 06:41 WIB
Workshop percepatan lektor kepala dan Guru Besar di Unwahas Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Workshop percepatan lektor kepala dan Guru Besar di Unwahas Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Agama mendorong civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk meningkatkan kepangkatan Lektor Kepala dan Guru Besar.

“Meningkatkan kapasitas dan kepangkatan dosen sangat penting untuk menyiapkan perguruan tinggi bersaing di tengah perubahan yang begitu cepat”, tegas Kasubdit Ketenagaan Diktis, Ruchman Basori, Rabu 25 Mei 2022.

Hal itu disampaikan Ruhman saat memberikan Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen Lektor Kepala dan Guru Besar di Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Baca Juga: Urutan Burung Perkutut Ini Dipercaya Bisa Mendatangkan Rezeki dan Kekayaan, Nomor 5 Kaya Sampai Tujuh Turunan

“Saat ini jumlah guru besar pada PTKIS termasuk FAI se-Indonesia baru 10 orang, sementara pada PTKIN mencapai 578 orang, karenaya perlu langkah-langkah percepatan,” terang Alumni UIN Walisongo ini.

Saat ini jumlah Guru Besar di lingkungan Kemenag RI sampai dengan 2021 berjumlah 621 orang, 33 memasuki masa pensiun, sehingga total berjumlah per Januari 2022: 588 orang.

Sebagaimana diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 dan KMA Keputusan Menteri Agama Nomor 856 Tahun 2021 Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama dilakukan oleh Kementerian Agama.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Mengganti Nomor Telepon WhatsApp di Android dan iOS, Chat Aman

Selain Ruchman Basori, turut memberikan materi Wakil Rektor IV Unwahas Dr. Helmi Purwanto, ST, MT dalam persepektif system PAK LK dan GB pada rumpun ilmu umum di bawah Kemdikbudristek.

Sebelumnya Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang Prof. Dr. Mudzakir, M.A mengharapkan agar para dosen mempunyai komitmen yang kuat meningkatkan jenjang kepangkatan akademik LK/GB.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X