Kembangkan Smart Campus, USM Gandeng Telkom

- Minggu, 22 Mei 2022 | 12:41 WIB
USM gandeng Telkom kembangkan smart campus. (suaramerdeka.com/dok)
USM gandeng Telkom kembangkan smart campus. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rektor Universitas Semarang (USM) Dr Supari MT bertekad menjadikan kampusnya yang berlokasi di Jln Soekarno Hatta Tlogosari Semarang ini sebagai Smart Campus.

Hal ini disampaikan Dr Supari saat melakukan kunjungan ke PT Telkom di Jakarta bersama Pembina Yayasan Alumni Undip Ir Soeharsojo IPU didampingi Ketua UPT Komputer USM Saiful Hadi MKom pada Kamis, 19 Mei 2022.

Kunjungan diterima oleh Chapter Leader Go To Market Simon Karo Karo bersama tim IoT Telkom Adelia dan Gladis.

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ini Ampuh Cegah Penyakit, Jantung, Ginjal Menurut dr. Zaidul Akbar. Murah dan Mudah Didapat

USM sudah saatnya menjadi Smart Campus, banyak sumber daya insani baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa yang akan mengimplementasikan Internet of Things (IoT) di kampus USM

dan kedepan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk pengembangan Smart City” ungkap Dr Supari.

USM juga sudah menerapkan IoT dan Green Campus diantaranya lampu di Gedung Menara USM “Prof Dr Muladi SH” menggunakan sensor gerak yiatu ketika ruangan tidak dipakai lampu akan mati secara otomatis

dan baru nyala ketika ada gerakan, selain itu taman USM juga sumber listriknya menggunakan solar cell yang ramah lingkungan dan hemat energi” tambahnya.

Baca Juga: Link Download Minecraft 1.19 The Wild Update Gratis dan Resmi, Sudahkah Tersedia untuk Android dan iOS?

Menurut Supari bahwa Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT bersama dosen elektro Andi Kurniawan MT dan Harmini MEng telah mengembankan Sistem Monitoring Dan Passanger Information System Bus Trans Semarang.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X