Tingkatkan Keterampilan Masyarakat, Bina Nusantara Dukung UMKM Kelurahan Banjardowo

- Jumat, 20 Mei 2022 | 20:34 WIB
Campus Director Binus @ Semarang Dr Ir Boto Simatupang MBP dan Lurah Banjardowo Suhartono melakukan MoU pembinaan UMKM. (foto: dok Binus)
Campus Director Binus @ Semarang Dr Ir Boto Simatupang MBP dan Lurah Banjardowo Suhartono melakukan MoU pembinaan UMKM. (foto: dok Binus)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Bina Nusantara (Binus) bekerja sama dengan Kelurahan Banjardowo, Kota Semarang dan dengan Dekopinwil (Dewan Koperasi Wilayah Jawa Tengah) melakukan pembinaan UMKM dan pemberdayaan rintisan Kampung Jamu.

Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan masyarakat.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam MoU yang ditandatangani oleh Campus Director Binus @ Semarang Dr Ir Boto Simatupang MBP dan Lurah Banjardowo Suhartono.

Baca Juga: Berbahagialah 5 Zodiak Ini, Diramal Bakal Banjir Rezeki di Akhir Mei 2022

"Ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Catur Dharma dalam hal pendidikan, riset, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan diri Binus dalam memberdayakan masyarakat dengan memperluas kerja sama dengan berbagai lembaga ataupun komunitas. Kerja sama dalam hal pembinaan UMKM dan pemberdayaan rintisan Kampung Jamu dengan Ketua Dekopin Jawa Tengah ini untuk melaksanakan program berkelanjutan di antaranya pelatihan, pendampingan serta Pengembangan UMKM," kata Boto Simatupang, Kamis (19/5).

Dikatakan, Binus menggerakkan UMKM untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi di era digital.

Selain itu, Binus juga berkesempatan menggerakkan dan mengajak masyarakat terbiasa menanam tanaman obat, empon-empon dan menjadikan lingkungan yang memenuhi standar Sapta Pesona: Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Baca Juga: Kabar Duka, Penyanyi Legendaris Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia, Astri Ivo: Ya Rabb, Muliakan Mama

Dalam kaitannya dengan rintisan Desa Wisata, dukungan Binus terhadap masyarakat yakni dengan memanfaatkan lahan tidur untuk bisa menjadi ecotourism dan wisata edukasi tanaman obat tradisional.

"Tahapan pertama adalah melakukan edukasi GSW (gerakan sadar wisata) dan melengkapi keahlian UMKM, selanjutnya melakukan penanaman jamu, kencur dan yang lainnya. Program yang berkelanjutan ini diharapkan dapat tersenggara dengan pendampingan berbagai pihak dan terutama dukungan penuh dari pihak kelurahan Banjardowo beserta warganya," kata Boto Simatupang, di sela MoU yang juga dihadiri oleh Ketua Dekopin Jateng Dr Walid dan tim dosen dari Community Development Academic Binus University.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X