Halalbihalal YBWSA: Kaum Muda Butuh Teladani Perjuangan Sultan Agung

- Rabu, 18 Mei 2022 | 12:36 WIB
Ketua YBWSA Hasan Toha Putra, Rektor Unissula Gunarto dan lainnya menandatangani naskah dan pakta integritas, di auditorium Kampus Unissula, Selasa 17 Mei 2022. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Ketua YBWSA Hasan Toha Putra, Rektor Unissula Gunarto dan lainnya menandatangani naskah dan pakta integritas, di auditorium Kampus Unissula, Selasa 17 Mei 2022. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kaum muda Indonesia butuh meneladani jejak perjuangan pahlawan nasional Sultan Agung Hanyokro Kusumo.

Sebab melalui sosok Sultan Agung dapat dipelajari kemandirian sebuah bangsa dan rasa nasionalisme.

Hal tersebut dikemukakan penceramah ustad Budi Ashari Lc saat digelar halal bihalal dan tasyakuran peringatan ke-74 tahun Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) di Kampus Unissula kawasan Kaligawe, Selasa 17 Mei 2022.

"Saya memang belum secara mendalam melakukan penelitian langsung terhadap kiprah Raja Mataram Islam ini. Namun sejarah jelas menyebutkan Sultan Agung merupakan salah satu pahlawan nasional yang terbukti gigih mengusir penjajah yang akan bercokol di Nusantara," kata dia.

Baca Juga: Belajar dari Film KKN di Desa Penari, Baca Doa Ini Agar 'Badarawuhi' Suatu Tempat Tak Mengganggu

Lulusan Kampus Madinah Arab Saudi dan pembawa acara di salah satu stasiun televisi nasional menambahkan, mengenang jejak kepahlawanan Sultan Agung adalah keharusan.

Di dalamnya juga mencakup semangat pantang menyerah sosok ini dengan mengirimkan prajuritnya melindungi negeri dari cengkeraman penjajah.

Keteladanan semacam ini yang harus terus ditanamkan ke dalam dada generasi muda Indonesia.

"Selain itu Sultan Agung dinobatkan menjadi raja yang menguasai hampir seluruh Pulau Jawa di usia 20 tahun."

Baca Juga: Seberapa Sulit Memelihara Ayam Hias? Simak Penuturan Praktisi Berikut Ini

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X