Pesantren Ramadhan Virtual I: Merawat Agama, Menjaga Indonesia

- Senin, 18 April 2022 | 11:24 WIB
MGMP PAI SMA, SMK, dan Rohis Provinsi Jawa Tengah menggelar PRV I untuk pelajar SMA dan SMK Se-Jawa Tengah. (Tangkap Layar YouTube / MGMP PAI)
MGMP PAI SMA, SMK, dan Rohis Provinsi Jawa Tengah menggelar PRV I untuk pelajar SMA dan SMK Se-Jawa Tengah. (Tangkap Layar YouTube / MGMP PAI)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA, SMK, dan Rohis Provinsi Jawa Tengah menggelar Pesantren Ramadhan Virtual I (PRV I) untuk pelajar SMA dan SMK Se-Jawa Tengah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, Selasa– Kamis, 12-14 April 2022 melalui zoom meeting dan live streaming youtube MGMP PAI SMA dan Rohis Jawa Tengah. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menjadi narasumber memberi materi di sesi ngabuburit yang dikemas dengan tema Ngobrol Gayeng Bareng Gubernur Jawa Tengah dengan tema pentingnya merawat Agama dan menjaga Indonesia.

Menurutnya generasi muda masa kini harus dapat memandang bahwa keimanan dan modernitas bisa berjalan beriringan.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Kalkulator Properti Sebelum Membeli Rumah Idaman!

"Generasi masa kini yang tergolong generasi z dituntut untuk berpengetahuan terkait pentingnya menguatkan dakwah dengan moderasi beragama secara digital,” jelasnya.

Lebih lanjut Gubernur Jawa Tengah menyampaikan penting untuk berbagi sikap dan pandangan, percaya iman dan modernitas sama-sama menjadi prinsip mendasar dalam menjalani kehidupan.

"Kita harus memahami dan menerapkan tentang falsafah kerukunan yakni tepo sliro atau saling menghargai, lembah manah dan andhap asor atau rendah hati dan nyengkuyung atau gotong royong”, tegasnya.

Masih menurut Gubernur Jawa Tengah bahwa tujuan moderasi beragama dalam rangka kita mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam beragama, dapat melindungi hak pemeluk agama, selalu berupaya untuk membentuk generasi yang tidak mudah terpengaruh isu radikalisme dunia maya maupun dunia nyata.

Baca Juga: Mahasiswa DKV ISI Surakarta Digandeng Bikin Ilustrasi Media Sosial Piala Dunia Antarklub 2022

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi UPGRIS Edukasi Pentingnya Pola Asuh Anak

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:34 WIB
X