Seminar UKSW-BPIP, Butuh Daya Kritis dalam Internalisasi Nilai-nilai Pancasila di Era Digital

- Selasa, 12 April 2022 | 08:24 WIB
Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS dalam Seminar Nasional 'Meneguhkan Pancasila dan Semangat Kebangsaan di Era Digital' yang digelar di UKSW. (suaramerdeka.com / dok PWI)
Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS dalam Seminar Nasional 'Meneguhkan Pancasila dan Semangat Kebangsaan di Era Digital' yang digelar di UKSW. (suaramerdeka.com / dok PWI)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Melakukan internalisasi atau menanamkan keyakinan, sikap, dan nila-nilai Pancasila di tengah masyarakat, butuh critical thinking atau berpikir kritis serta proses dialektika.

Namun sayang, pada era digital, media sosial telah membungkam daya kritis seseorang akibat informasi di ruang publik bersifat monolog, bukan dialog.

Tantangan internalisasi juga dihadapkan pada lamanya kekosongan pengajaran Pendidikan Moral Pancasila, ditambah dengan tren media massa saat ini yang demi memburu viralitas, mengabaikan pada nilai-nilai persatuan dan kebangsaan.

Maka dari itu, butuh intelektualitas, daya nalar, sikap bijak bermedia dan edukasi agar gaya hidup masyarakat mencerminkan budaya Pancasila.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 12 April: Karir Besar Menanti Aquarius, Kesehatan Capricorn Stabil

Demikian benang merah yang bisa ditarik dalam Seminar Nasional 'Meneguhkan Pancasila dan Semangat Kebangsaan di Era Digital' yang digelar secara luring dan daring di Balairung Utama, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Senin 11 April 2022.

Seminar yang digagas UKSW dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut, menghadirkan pembicara Direktur Jaringan dan Pembudayaan BPIP Dr Irene Camelyn Sinaga AP MPd sebagai keynote speaker.

Kemudian, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo Antonius Benny Sesutyo, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS SH MH, dan Rektor UKSW Neil Samuel Rupadara SE MSc PhD.

Diskusi dimoderatori Kepala Depertamen Ilmu Komunikasi Fiskom UKSW Ester Krisnawati SSos MIKom.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 12 April 2022: Berawan Sepanjang Hari

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bedah 3 Buku Karya Alumni Fakultas Kedokteran Undip

Jumat, 30 September 2022 | 15:31 WIB
X