STAI Al-Anwar Sarang: Kolaborasikan Pendidikan Modern Kampus dan Salaf Pesantren

- Sabtu, 9 April 2022 | 05:22 WIB
STAI Al-Anwar Sarang memadukan pembelajaran modern dengan salaf ala pondok pesantren. (suaramerdeka.com / Ilyas al-Musthofa)
STAI Al-Anwar Sarang memadukan pembelajaran modern dengan salaf ala pondok pesantren. (suaramerdeka.com / Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang merupakan salah satu dari sekian kampus berbasis tafsir Alquran di Indonesia yang bergandengan dengan pondok pesantren, yang cukup tenar.

STAI Al-Anwar cukup tenar lantaran menjadi satu dari cukup jarangnya kampus dengan studi Ilmu Tafsir Alquran (ITQ) yang mengakomodasi mahasiswanya ke dalam pesantren.

Seluruh mahasiswa STAI Al-Anwar, saat ini merupakan santri dari Ponpes Al-Anwar 3, sekaligus menjadi kampus yang mengolaborasikan pendidikan modern ala universitas, dengan pendidikan salaf ala pondok pesantren.

Kolaborasi tersebut menjadikan mahasiswa dan santri Al-Anwar 3 mendapatkan pendidikan komprehensif, terutama di bidang tafsir Alquran.

Baca Juga: Lolos ke Final Piala AFF, Timnas Futsal Indonesia Juga Pastikan Tempat di Piala AFC

Dari kolaborasi itu, sesuai visinya, STAI Al-Anwar berpeluang besar menjadi pusat studi keilmuan klasik Islam yang ramah dan responsif terhadap perkembangan zaman.

Nama Al-Anwar sendiri berkaitan erat dengan pesantren Al-Anwar 1 yang didirikan oleh Almarhum KH Maimun Zubaer.

Salah satu putra KH Maimun, KH Abdul Ghofur Maimun, merupakan Ketua STAI Al-Anwar dan Pengasuh Ponpes Al-Anwar 3.

Saat ini secara total STAI Al-Anwar Sarang memiliki 1.168 mahasiswa, putra dan putri, yang berasal dari berbagai daerah dan kota di Indonesia.

Baca Juga: 28 Tahun Berjalan, Bupati Pati: Bukti Eksistensi Gerakan Santri Menulis

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X