Sekolah Vokasi Undip, Terapkan Project Based Learning untuk Perkokoh Kompetensi Lulusan

- Senin, 7 Maret 2022 | 23:40 WIB
Sekolah Vokasi Undip, menerapkan Project Based Learning untuk memperkokoh kompetensi lulusan. (foto: dok hsv Undip)
Sekolah Vokasi Undip, menerapkan Project Based Learning untuk memperkokoh kompetensi lulusan. (foto: dok hsv Undip)

SEMARANG, suaramerdeka.comSekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip) menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL) untuk memperkokoh kompetensi lulusan yang dihasilkannya.

Penerapan metode yang menggunakan proyek dan kegiatan sebagai media pembelajaran ini dilakukan di semua program studi (Prodi) yang ada di Sekolah Vokasi mulai semester II Tahun Akademik 2021/2022.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof Dr Ir Budiyono MSi mengatakan, penerapan metode pembelajaran di Sekolah Vokasi Undip ditetapkan berdasarkan Keputusan Dekan Nomor: 16/UN7.5.13/SK/2022 tentang Pelaksanaan Metode Pembelajaran PBL di Sekolah Vokasi Undip.

Baca Juga: Adam Deni Jalani Sidang Perdana bersama Terdakwa Lainnya

“Kami terus berupaya menjawab dinamika yang ada, namun tetap harus berpijak pada reguilasi yang ada. Tegasnya, dinamis tapi tetap taat aturan,” kata Prof Budiyono, Senin, 7 Maret 2022.

Menurut dia, dinamika yang terjadi serta perubahan yang makin cepat harus diantisipasi, termausk para pengelola pendidikan tinggi.

Dia mengakui tidak ada formula baku yang bisa diterapkan terus menerus, mengingat dinamika perubahan sekarang berlangsung cepat.

Baca Juga: Kisah Sejarah; Emen, Lagu Alih Bahasa yang Jadi Puncak Karir Yosie Lucky

Yang bisa dilakukan adalah mengubah mindset dan mencoba hal-hal baru karena perubahan memiliki banyak variabel.

Dicontohkan kondisi perubahan yang digambarkan sebagai VUCA (Volatile, Uncertain, Complex & Ambiguous) kemudian dijawab dengan formula VUCA Prime ((Vision, Understanding, Clarity & Agility).

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi UPGRIS Edukasi Pentingnya Pola Asuh Anak

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:34 WIB
X