Program Sekolah Akuntansi Sasar Pesantren, Hindari Kesalahan Laporan Keuangan

- Senin, 28 Februari 2022 | 08:24 WIB
Rektor Unwahas, Mudzakkir Ali, Wakil Rektor IAIN Kudus, Noorhadi dan pengurus RMI Jateng, menunjukkan naskah kerja sama di Kampus Unwahas. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Rektor Unwahas, Mudzakkir Ali, Wakil Rektor IAIN Kudus, Noorhadi dan pengurus RMI Jateng, menunjukkan naskah kerja sama di Kampus Unwahas. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) bergandengan tangan dengan IAIN Kudus, serta asosiasi pondok pesantren atau Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PWNU Jawa Tengah menginisiasi penyelenggaraan program Sekolah Akuntansi Pesantren (SAP) 2022.

Menurut Rektor Unwahas, Prof Dr Mudzakkir Ali, pada saat pembukaan acara di Gedung Rektorat Sampangan, program semacam ini strategis membantu pondok pesantren terhindar dari kesalahan membuat laporan pertanggungjawaban keuangan.

"Sebagaimana diketahui perhatian negara dewasa ini besar terhadap pondok pesantren. Seiring diterbitkannya UU 18/2019 Tentang Pesantren dikucurkan anggaran pemberdayaan pondok pesantren. Mengelola keuangan negara tentu tidak mudah dan butuh pertanggungjawaban besar," kata Mudzakkir Ali selaku Rektor Unwahas.

Perhatian besar negara semacam ini butuh diikuti mempersiapkan sumber daya manusia mumpuni di bidang manajerial dan pengelolaan pondok pesantren.

Baca Juga: Tinju Holywings: Paris Pernandes 'Salam dari Binjai' Tumbangkan Jekson Karmela

Kampus melalui program SAP 2022 berkeinginan memberikan kontribusi terhadap hal itu.

Wakil Rektor IAIN Kudus/ Direktur SAP, Dr Noorhadi, menambahkan pesantren tidak boleh terjebak risiko dan kesalahan dalam mengelola keuangan yang bersumber dari negara.

Alasan itu juga yang menjadikan pelatihan untuk pembukuan keuangan dan kewirausahaan bagi para santri ini sangat penting.

Wakil Ketua RMI Jateng, Fadlullah Turmudzi, mengakui kalangan pondok pesantren butuh tenaga terampil dan ahli di bidang akuntansi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 28 Februari 2022: Scorpio Ada Perasaan Insecure, Libra Hati-hati pada Gangguan Kesehatan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor USM Hadiri Rapimnas PII 2023 di Balikpapan

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:54 WIB
X