Pembelajaran Matematika Saat Covid-19, Ini Kendalanya

Red
- Senin, 14 Juni 2021 | 12:45 WIB
Yuliana Nurul Hikmah
Yuliana Nurul Hikmah

PANDEMI Covid-19 telah berdampak pada berbagai bidang di dunia, tanpa terkecuali bidang pendidikan.

Situasi ini menyebabkan berubahnya pembelajaran yang biasanya tatap muka di ruang kelas menjadi dilaksanakan dirumah, yaitu dengan pembelajaran daring.

Kebijakan belajar dari rumah mulai diterapkan pada tanggal 9 Maret 2020 setelah menteri pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran nomor 2 tahun 2020 dan nomor 3 tahun 2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran corona virus disease 19 (Covid-19).

Pada saat pembelajaran daring, banyak siswa merasa kesulitan dalam pelaksanaannya, khususnya pada pelajaran matematika.

Pelajaran matematika sangat perlu diajarkan kepada seluruh siswa mulai dari tingkat sekolah dasar hingga tarap perguruan tinggi, agar siswa mempunyai kemampuan berpikir secara logis, sistematis, analitis, kreatif, serta bisa bekerjasama dengan baik.

Astuti & Sari (2017) menyatakan bahwa matematika merupakan suatu keterampilan intelektual yang melibatkan kemampuan bernalar, berpikir sistematis, cermat, kritis dan kreatif.

Tujuan dari mempelajari matematika di antaranya untuk mengembangkan kemampuan mengukur, berhitung, menganalisis dan menggunakan rumus.

Di samping pentingnya mempelajari matematika, dalam kenyataannya matematika masih di anggap suatu pelajaran yang sulit dan rumit.

Menurut beberapa penelitian masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, sehingga menyebabkan siswa mudah menyerah sebelum mempelajari matematika.

Selain itu, adanya pembelajaran daring yang terkesan mendadak karena Covid-19 ini juga menyebabkan persiapan yang tidak optimal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membanding-bandingkan Anak Tak Selalu Memotivasi

Minggu, 19 September 2021 | 22:26 WIB

Jawab Tantangan, KIH SMK Negeri 6 Semarang Diresmikan

Minggu, 19 September 2021 | 19:58 WIB

SDI Al Azhar 29 Terbitkan Buku Ajar

Minggu, 19 September 2021 | 19:24 WIB

Himmatisi USM Gelar Workshop Bangun Bisnis Berbasis IT

Minggu, 19 September 2021 | 16:05 WIB

Dapat Bantuan Dana Abadi, UGM Beri Beasiswa Mahasiswa

Sabtu, 18 September 2021 | 13:52 WIB
X