Pembelajaran Kreatif, FSM UKSW Kenalkan Coding Berbasis Aplikasi Matematika

- Selasa, 22 Februari 2022 | 12:37 WIB
Siswa SMA Masehi Jepara mengikuti lokakarya pengenalan coding berbasis aplikasi matematika dari FSM UKSW.(suaramerdeka.com / dok UKSW)
Siswa SMA Masehi Jepara mengikuti lokakarya pengenalan coding berbasis aplikasi matematika dari FSM UKSW.(suaramerdeka.com / dok UKSW)

JEPARA, suaramerdeka.com - Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat.

Kali ini kegiatan dari FSM UKSW berupa lokakarya bertajuk ''Pengenalan Coding berbasis Aplikasi Matematika bagi Guru dan Siswa'' di SMA Masehi Jepara.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UKSW untuk memberdayakan masyarakat (guru/siswa) agar berdaya cipta, kreatif, dan berkualitas dalam hal pemanfaatan teknologi di era digital.

Ketua Prodi Matematika FSM UKSW, Leopoldus Ricky Sasongko MSi menegaskan, pemanfaatan teknologi digital perlu diupayakan semaksimal mungkin, untuk menciptakan budaya kreatif di bidang pendidikan melalui pengenalan coding bagi siswa dan guru di SMA/SMK/sederajat.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Pinjol Ilegal yang Sering Ditemui

Selain untuk kreativitas siswa, pemanfaatan teknologi juga berguna untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas guru dalam mendukung pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi seperti ini, guru dan siswa jarang menggunakan papan tulis fisik. Hal itu bukan perkara yang mudah dalam pembelajaran MIPA. Tdak semua dapat dijelaskan dengan baik hanya melalui slide presentasi seperti menjelaskan konsep geometri, menggambar grafik fungsi matematis, atau meringkas data dalam statistika," kata Leopoldus Ricky Sasongko, yang juga ketua tim Pengabdi.

Di era di mana aplikasi komputer/smartphone/mobile devices berkembang pesat, pemanfaatan teknologi digital agar budaya kreatif di dunia pendidikan tetap terjaga.

Siswa dapat mengenal coding untuk kreatif dalam belajarnya, sedangkan guru dapat terampil dan tetap profesional dalam pembelajaran di masa yang terbatas ini.

Baca Juga: V BTS Sembuh dari Covid-19, Tweet ‘Alhamdulillah Taehyung’ Jadi Trending

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FK Undip Gelar Skrining dan Edukasi Lansia

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:04 WIB

Bedah 3 Buku Karya Alumni Fakultas Kedokteran Undip

Jumat, 30 September 2022 | 15:31 WIB
X