Kurikulum Merdeka, Tidak Ada Lagi Peminatan IPA-IPS dan Bahasa di SMA

- Sabtu, 12 Februari 2022 | 14:51 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum Merdeka, Jumat, 11 Februari 2022. (suaramerdeka.com /tangkapan layar youtube Kemendikbud RI)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum Merdeka, Jumat, 11 Februari 2022. (suaramerdeka.com /tangkapan layar youtube Kemendikbud RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan kurikulum Merdeka, Jumat, 11 Februari 2022.

Pada Kurikulum Merdeka akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah. Salah satunya tentang penjurusan di SMA.

Seperti yang diterapkan bertahun-tahun, bahwa jenjang SMA memiliki penjurusan di kelas 11 dan kelas 12, yakni IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), dan Bahasa.

Baca Juga: Cari Kado Hari Valentine untuk Pasangan? Sesuaikan Saja dengan Zodiak, Ini Rekomendasinya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan nantinya di sekolah SMA tidak akan ada lagi jurusan atau peminatan seperti IPA, IPS, atau Bahasa.

“Di dalam program SMA sekarang tidak ada lagi program peminatan untuk yang memiliki Kurikulum Merdeka. Ya tidak ada lagi jurusan, kejuruan atau peminatan,” kata Nadiem secara virtual dikutip dari youtube Kemendikbud RI, Jumat 11 Februari 2022.

Pada kelas 11 dan 12, murid dibebaskan memilih pelajaran dari kelompok mapel MIPA, IPS, Bahasa, dan Keterampilan Vokasi.

Baca Juga: Perkuat Koordinasi, Kemendag Jaga Stabilitas Harga dan Stok Kedelai Nasional

Kurikulum Merdeka ini bisa digunakan mulai tahun ajaran 2022/2023 di jenjang pendidikan usia dini, dasar, dan menengah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X