Bantu Dapat Tambahan Pendanaan, PTS Butuh Kembangkan Pembiayaan Mandiri

- Selasa, 8 Februari 2022 | 07:15 WIB
Wakil Rektor Unimus, Budi Santosa, membuka acara workshop pengolaan usaha dan bisnis kampus 2022 secara daring. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Wakil Rektor Unimus, Budi Santosa, membuka acara workshop pengolaan usaha dan bisnis kampus 2022 secara daring. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perguruan tinggi swasta (PTS) butuh mengembangkan pembiayaan mandiri untuk membantu mendapatkan tambahan pendanaan bagi banyak aktivitas maupun kegiatan akademi yang dijalankan.

Salah satu langkah PTS mendapatkan tambahan pendanaan adalah menjalankan roda bisnis yang tidak berseberangan dengan kepentingan dunia pendidikan di Tanah Air.

Selain akan menjadi sumber pendapatan yang halal, pengelolaan bisnis kampus membawa berbagai dampak dan manfaat luas bagi PTS.

“Sebagaimana yang sudah dirintis kampus kami untuk bisa mendapatkan tambahan pendanaan melalui berbagai unit usaha. Maka pengelolaan usaha dari dalam kampus membawa banyak manfaat seperti membuka lapangan pekerjaan serta adanya banyak inovasi yang bisa dikerjakan,” tutur Wakil Rektor Unimus, Dr Budi Santosa, saat pembukaan acara workshop yang membahas pengolaan usaha dan bisnis kampus 2022 secara daring.

Baca Juga: Belasan Korban Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Bus di Bantul Mendapat Santunan Sebesar Rp 50 Juta

Forum ini merupakan kerja sama antara Unimus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan LL Dikti VI Jateng.

Ditambahkan dalam upaya membantu pendanaan kampus, dijalankan berbagai unit usaha di kampus itu.

Misal adanya Unimus Mart, Unimus Tirta, Unimus Bakery, Unimus Farm, Unimus Kafe, rumah sakit dan lainnya.

"Kendati demikian dalam pengelolaan usaha ini ada kelemahan dan kekurangannya. Melalui workshop ini pula diinginkan muncul strategi ataupun kiat bisnis cemerlang yang bisa menjadi cara dalam meningkatkan pendapatan kampus menuju perguruan tinggi yang sehat dari segi keuangan," kata Budi Santosa.

Baca Juga: Ormas-Community Award 2022: Sempat Berpindah-Pindah Tempat, Yayasan Rumah Aira Tak Patah Semangat

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X