Banyak Keuntungan, Perguruan Tinggi Perluas Jejaring di Era Merdeka Belajar

- Selasa, 25 Januari 2022 | 08:48 WIB
Dekan FMIPA Unimus Eny Winaryati dan Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno, menunjukkan naskah kesepakatan di Kantor BMKG Jalan Siliwangi. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Dekan FMIPA Unimus Eny Winaryati dan Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno, menunjukkan naskah kesepakatan di Kantor BMKG Jalan Siliwangi. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pada era kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), perguruan tinggi berkomitmen memperluas jejaring.

Terdapat banyak keuntungan yang akan diperoleh perguruan tinggi dengan memiliki koneksi yang kuat ke berbagai instansi, lembaga maupun dunia industri.

"Salah satu perguruan tinggi yang terus mengembangkan jejaring termasuk melaksanakan kerja sama dengan banyak pihak adalah Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Di antaranya melalui Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memperkuat jejaring kelembagaan dengan berbagai pihak," kata Dekan FMIPA Unimus, Dr Eny Winaryati, di Kantor Badan Meteorologi Geofisika (BMKG) Jateng Stasiun Klimatologi Semarang, Jalan Siliwangi.

Dekan Eny didampingi Kaprodi Ilmu Statistik, Indah M Nur, hadir di kantor BMKG untuk menandatangani naskah kesepakatan kerja sama dengan Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Sukasno.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 25 Januari 2022: Irvan Makin Membabi Buta! Mau Culik Mama Mayang dan Reyna

Penandatanganan kerja sama itu, kata Eni, juga bagian dari langkah membangun koneksi antara perguruan tinggi dengan berbagai instansi yang bermuara untuk peningkatan mutu perkuliahan, riset dan pengabdian masyarakat.

"Ini berkaitan erat dengan kebijakan merdeka belajar. Sebagai contoh mahasiswa diberi kesempatan luas magang atau praktik lapangan ke berbagai instansi pemerintah, swasta dan industri. Selain itu juga kemungkinan didatangkan dosen tamu dari kalangan pakar, praktisi, manajer atau pemimpin instansi untuk bisa mengajar atau berbagi pengalaman bersama civitas academica,” kata Dekan.

Penguatan jejaring yang dilakukan dengan Kantor BMKG sangat tepat, karena FMIPA mengelola rumpun keilmuan yang di dalamnya berkolerasi dengan bidang pengetahuan untuk pengembangan meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Kerja sama ini dijalankan juga bagian dari menyiapkan mahasiswa memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga: Dari Pandemi Menjadi Endemi, Bangun Budaya Kesehatan Baru Berdampingan dengan Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X