Unika Tambah Doktor Ilmu Lingkungan, Aluysius Budi Purnomo Teliti Ekoteologis Interreligius

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:45 WIB
 Aluysius Budi Purnomo disela-sela sidang terbuka ujian disertasi pada Program Doktor Ilmu Lingkungan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Unika Soegijapranata. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Aluysius Budi Purnomo disela-sela sidang terbuka ujian disertasi pada Program Doktor Ilmu Lingkungan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan, Unika Soegijapranata. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Unika Soegijapranata Semarang menambah Doktor baru di bidang ilmu lingkungan.

Hal ini setelah Aluysius Budi Purnomo menyelesaikan studinya pada Program Doktor Ilmu Lingkungan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unika Soegijapranata.

Sidang terbuka ujian disertasi Aluysius Budi Purnomo dilaksanakan pada Jumat 21 Januari 2022 dengan judul penelitian "Model Kepemimpinan Ekoteologis Interreligius Sesuai Ensiklik Laudato Si' Dalam Konteks Komunitas Pegunungan Kendeng Utara".

"Temuan riset ini mencakup empat hal. Pertama, adanya kesesuaian ekoteologis interreligius dengan ensiklik laudato si' sebagai konsep yang sejalan demi merawat bumi. Yaitu dengan melibatkan semua orang tanpa memandang agama dan kepercayaan," kata Aluysius Budi Purnomo.

Baca Juga: Omicron Masuk Jawa Tengah

Cakupan lain dari hasil temuan riset ini yakni konsep ekoteologis interreligius yang sesuai dengan ensiklik laudato si' memiliki relevansi sebagiamana empat elemen yang muncul.

Salah satunya hadirnya pemimpin interreligius yang ramah dan peduli lingkungan sesuai ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

Kemudian adanya semangat juang dari Komunitas Pegunungan Kendeng Utara dalam merawat bumi.

"Temuan riset ini juga mencakup hal lain, seperti pembelaan dan penghormatan terhadap komunitas ini serta peneguhan pergerakan Gunritno dan komunitasnya demi merawat bumi yang tereksploitasi," ungkapnya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Balikpapan Dekat IKN Nusantara, Sopir Truk Jadi Tersangka

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X