Tingkatkan Literasi Digital Mahasiswa, Dosen Unika Buat Aplikasi Khusus

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:48 WIB
Mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang saat menggunakan aplikasi Augmented Reality yang dibuat tim dosen di perguruan tinggi tersebut. (suaramerdeka.com / dok Unika Soegijapranata)
Mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang saat menggunakan aplikasi Augmented Reality yang dibuat tim dosen di perguruan tinggi tersebut. (suaramerdeka.com / dok Unika Soegijapranata)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah dosen Universitas Katolik atau Unika Soegijapranata Semarang serius meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa dengan menciptakan aplikasi khusus.

Aplikasi dari dosen Unika Soegijapranata yang dinamai Augmented Reality (AR) ini berbasis game atau permainan, dan dinilai sangat relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi terkini.

Tim dosen Unika Soegijapranata tersebut terdiri dari Cecilia Titiek PhD, Angelika Riyandari PhD, Rikarda Ratih, Dr Heny Hartono, dan Andre Kurniawan.

Aplikasi itu sekaligus untuk memberikan pemahaman terkait literasi digital kepada para mahasiswa dengan cara yang menarik.

Baca Juga: Studi Tiru, Bulan Dana PMI Semarang Jadi Rujukan PMI Bukittinggi

Sebagaimana diketahui, perkembangan dunia digital telah menyasar ke segala sisi kehidupan.

Hampir tidak ada sisi kehidupan manusia yang tidak terpengaruh proses digitalisasi.

Namun demikian, masih banyak pengguna internet yang hanya mampu menerima informasi tanpa kemampuan memahami dan mengelola informasi tersebut secara baik.

"Kami membuat satu aplikasi berbasis AR. Marker AR kami tempelkan di beberapa spot ikon yang ada di Unika Soegijapranata. Mahasiswa nanti tinggal men-scan marker tersebut," kata perwakilan tim dosen Unika, Cecilia, Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 21 Januari 2021: Scorpio Jangan Mudah Tersinggung, Sagitarius Bekerjalah dengan Tulus

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X