USM – PWI Jateng Gelar In House Training Jurnalisitik

- Kamis, 20 Januari 2022 | 21:36 WIB
Universitas Semarang (USM) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah menggelar in house training jurnalistik dan penandatanganan perjanjian kerja sama pada 17 sd 20 Januari di kampus USM. (suaramerdeka.com/dok)
Universitas Semarang (USM) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah menggelar in house training jurnalistik dan penandatanganan perjanjian kerja sama pada 17 sd 20 Januari di kampus USM. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Semarang (USM) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah menggelar in house training (IHT) jurnalistik, Senin-Kamis, 17-20 Januari 2022 di kampus USM, Jalan Soekarno-Hatta Semarang.

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga humas dalam keterampilan menulis berita dan publikasi.

IHT dimulai Senin 17 Januari 2022, diawali penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara USM dengan PWI Jateng.

Kegiatan yang digelar selama empat hari tersebut diikuti tim humas, personel Tabloid Warta USM, perwakilan masing-masing fakultas/unit, dan perwakilan mahasiswa sejumlah total 30 peserta. Acara dibuka Rektor USM Dr Supari ST MT.

Supari dalam sambutannya mengatakan ini merupakan kegiatan pertama setelah penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara USM dan PWI Jateng pada 29 Desember 2021 lalu.

“Kegiatan in house training jurnalistik ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara USM dan PWI Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada Desember 2021. Semoga wartawan USM bisa makrifat menghasilkan karya yang lebih baik,” ungkap Supari.

Menurut dia, dalam publikasi diperlukan kecepatan. Meski cepat, juga harus pakai hati dan rasa yang dalam sehingga orang yang membaca berita akan merasakan maknanya.

“Setelah kegiatan ini diharapkan tiada hari tanpa berita USM, termasuk berita prestasi-prestasi USM. Di era digital ini banyak peran dalam pemberitaan. Ada publisher, editor, kreator, dan lain-lain,” tambah dia.

Supari lantas mencontohkan media di USM untuk sarana publikasi seperti Tabloid Warta USM, Radio USM Jaya, TV USM, website, dan medsos USM bisa digarap untuk publikasi kampus dengan baik.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyatakan rasa syukur bisa merealisasikan rangkaian dari MoU dengan dilakukannya penandatanganan PKS, dilanjutkan IHT jurnalistik.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X