Cetak Lulusan Berkelas, Sekolah Vokasi Harus Diperkuat Sistem Pelatihan Kerja

- Kamis, 20 Januari 2022 | 08:24 WIB
Wakil Rektor ITB Sudarman menunjukkan naskah kesepakatan bersama Kepala SMK 1 Sayung. (suaramerdeka.com / dok ITB Semarang)
Wakil Rektor ITB Sudarman menunjukkan naskah kesepakatan bersama Kepala SMK 1 Sayung. (suaramerdeka.com / dok ITB Semarang)

DEMAK, suaramerdeka.com - Sebagai langkah mencetak lulusan yang berkualitas, sekolah vokasi butuh diperkuat sistem pelatihan kerja.

Di antara sekian banyak sekolah vokasi yang sudah menerapkan model pelatihan semacam itu yakni SMK 1 Sayung.

Menjalin kemitraan dengan Institut Teknologi Bisnis atau ITB Semarang diterjunkan dosen maupun praktisi untuk memberikan mentoring kepada siswa kejuruan di sekolah vokasi itu.

ITB Semarang memberikan perhatian penuh terhadap persoalan ini. Kami berkeinginan membantu mengasah keterampilan peserta didik melalui program pelatihan kerja dan pendampingan,” kata Wakil Rektor ITB Semarang,Dr Sudarman dalam kunjungan kerja ke SMK 1 Sayung, di Kawasan Loireng.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 20 Januari: Capricorn Harus Defensif, Karir Pisces Tak Sesuai Rencana

Kunjungan itu juga dipakai menandatanganani naskah kerja sama dengan Kepala SMK 1 Sayung Santoso dan workshop persiapan kerja di industri.

Acara tersebut diikuti siswa kelas XII jurusan Kompetensi Keahlian Tata Boga, Tata Busana, Teknik Las, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) hingga Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Program ini bertujuan pula memberikan pendampingan terhadap peserta didik untuk semakin mengetahui prospek di dunia kerja.

Sebab, dengan jejaring kampus yang luas, diharapkan menjadi jembatan bagi lulusan sekolah untuk nantinya dipertemukan dengan banyak pihak yang membutuhkan pencari kerja.

Baca Juga: Polemik Ibu Kota Negara Baru, Rocky Gerung: Perencanaan Tidak Logis, Banyak Jebakan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Milad Ke-7, SD Al Azam Semarang Gelar Eksis

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:59 WIB

Lewat Perbuatan Amal, SMP PAPB Bangun Empati Siswa

Sabtu, 30 April 2022 | 12:36 WIB
X