Praktik di Rumah Konseling Pesantren, Mahasiswa BPI UIN Walisongo Aplikasikan Teori

- Rabu, 19 Januari 2022 | 08:24 WIB
Para mahasiswa peserta PPL dan dosen pembimbing lapangan FDK UIN Walisongo foto bersama di halaman Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan. (suaramerdeka.com / Agus Fathuddin)
Para mahasiswa peserta PPL dan dosen pembimbing lapangan FDK UIN Walisongo foto bersama di halaman Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan. (suaramerdeka.com / Agus Fathuddin)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo, mengikuti praktik pengalaman lapangan (PPL).

Kegiatan praktik digelar mahasiswi BPI UIN Walisongo di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Jl. Ngrobyong RT 04 RW I, Dukuh Wonorejo, Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Dosen pembimbing lapangan Maryatul Kibtyah menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mempraktikkan ilmu yang diperoleh mahasiswa UIN Walisongo selama di bangku kuliah.

Selama satu bulan, kata dia, mahasiswa UIN Walisongo berpraktik dan bersosialisasi dengan kiai, bu nyai dan santri di pondok tersebut.

Baca Juga: Perilaku Rabu Kliwon Seperti Lakuning Srengenge, Ini Watak Baik dan Buruknya

"Kedatangan mahasiswa ke pondok pesantren adalah untuk belajar mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh, belajar mengaplikasikan antara teori dan praktik di lapangan, belajar bagaimana kehidupan, kegiatan di pondok pesantren," katanya.

Kepada peserta PPL Maryatul Kibtyah mengharapkan mahasiswa menjaga nama baik almamater, bisa membaur dengan para santri dan mengikuti aturan, etika yang berlaku di pondok pesantren.

Kepala MTs Al-Musyaffa’, Wachidatun Nikmah mewakili pimpinan pondok merasa sangat senang atas kedatangan para mahasiswa BPI UIN Walisongo untuk mengadakan PPL.

Terkait dengan kompetensi sebagai penyuluh, pembimbing dan konselor Islam, karena di pondok pesantren telah terbentuk Rumah Konseling, maka para mahasiswa diarahkan untuk ikut meramaikan kegiatannya.

Baca Juga: Rahasia Weton Rabu Kliwon Menurut Primbon Jawa yang Jatuh pada 19 Januari

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X