Minimalkan Perkelahian Antarpelajar, Mahasiswa Magang UPGRIS Teliti Kesantunan Berbahasa

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:48 WIB
Webinar Artikel Bahasa dan Sastra bertema 'Berbahasa Sehat, Bersastra Hebat' melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings, yang digelar UPGRIS. (suaramerdeka.com / dok UPGRIS)
Webinar Artikel Bahasa dan Sastra bertema 'Berbahasa Sehat, Bersastra Hebat' melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings, yang digelar UPGRIS. (suaramerdeka.com / dok UPGRIS)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kesantunan berbahasa merupakan salah satu faktor penting dalam berkomunikasi.

Dengan bahasa yang santun, komunikasi antarindividu menjadi semakin baik sehingga perkelahian antarpelajar bisa diminimalkan.

Hal itu menjadi alasan Ika Shofia Rani, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) bersama kawan-kawannya melakukan penelitian.

Kemudian dipublikasikan dalam Webinar Artikel Bahasa dan Sastra bertema “Berbahasa Sehat, Bersastra Hebat” melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Baca Juga: Penerapan ETLE Polda Jawa Tengah Jadi Percontohan, Dinilai Efektif dan Tertinggi di Indonesia

Ika dan kawan-kawan meneliti kesantunan berbahasa di kalangan peserta didik di SMA Negeri 11 Semarang.

Hal itu dilakukan dengan maksud agar peristiwa tutur yang menunjukkan kesantunan berbahasa tersebut bisa menjadi contoh kasus pentingnya masyarakat tutur menjaga kesantunan dalam berbahasa.

Ika dkk meneliti selama mengikuti program magang mahasiswa di Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“Bentuk tuturan yang mengutamakan prinsip kesantunan dalam berbahasa mencerminkan adanya pemanfaatan prinsip kesantunan di dalam maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, permufakatan, dan simpati,” kata mahasiswa UPGRIS itu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 17 Januari 2022: Aquarius Galau, Capricorn Dapat Masalah Spiritual

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X