Kaji Dakwah Struktural Sjafrudin Prawiranegara, Siti Prihatingtyas Raih Doktor Studi Islam

- Rabu, 12 Januari 2022 | 23:30 WIB
Siti Prihatingtyas, dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang (tengah). (suaramerdeka.com/dok)
Siti Prihatingtyas, dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang (tengah). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kontribusi Dakwah dalam menciptakan sebuah tatanan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi merupakan persoalan penting di era demokrasi.

Hal tersebut menjadi sorotan Siti Prihatiningngtyas dalam ujian terbuka yang diselenggarakan oleh Pascasarjana UIN Walisongo Semarang kemarin.

Dalam mempertahankan disertasi yang berjudul ‘Dakwah Struktural: Kajian Hermeneutik terhadap Pemikiran Mr. Sjafrudin Prawiranegara’, Siti Prihatiningtyas mengelaborasi pentingnya transformasi pemikiran tokoh nasional tersebut dalam konteks kekinian.

Baca Juga: Lirik Lagu Hari Indah Tak Berujung - Doni Salmanan, Sang Crazy Rich Bandung

Lebih lanjut, Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo itu mengelaborasi bagaimana peran Sjafrudin Prawiranegara dalam bidang politik, ekonomi dan dakwah Islam semasa pemerintahan Soekarno mampu menjadi penyeimbang dalam menciptakan sebuah birokrasi yang terkontrol.

Gagasan clean government, check and balances, strukturisasi birokrasi, bunga bank tidak riba, dan pendirian masjid di Lembaga pemerintahan merupakan bukti nyata peran tokoh Sjafrudin dalam menciptakan sebuah birokrasi yang sehat.

Pemikiran dan peran Sjafrudin dinilai oleh promovenda merupakan aktualisasi dari nilai-nilai profetik dalam kancah politik pemerintahan.

Sosok Sjafrudin sebagai politisi, ekonom dan agamawan telah mampu melakukan integrasi ketiga peran tersebut saat dia memiliki posisi penting dalam pemerintahan dengan prinsip-pinsip kenabian.

Baca Juga: Ini 3 Sumber Penghasilan Doni Salmanan Crazy Rich Bandung, Youtuber yang Suka Bagi Uang saat PPKM

Prinsip prinsip tersebut diimplementasikan melalui proses humanisasi, liberasi, dan transendensi sebagaimana konsep profetik yang diteorikan oleh Kuntowijoyo.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X