Varian Omicron Merebak, PTM 100 Persen Layak Dikaji Ulang

- Selasa, 11 Januari 2022 | 10:00 WIB
Pelaksanaan Pemberlajaran Tatap Muka (PTM) di mana satuan pendidikan dituntut siap. (Jatengprov.go.id)
Pelaksanaan Pemberlajaran Tatap Muka (PTM) di mana satuan pendidikan dituntut siap. (Jatengprov.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah perlu mengkaji ulang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang sudah mulai diberlakukan, salah satunya di Jakarta tahun ini.

Hal ini tak lepas dari merebaknya varian Omicron dan juga beragamnya capaian vaksinasi di berbagai daerah, sehingga pelaksanaan PTM 100 persen dinilai sangat riskan.

“Pelaksanaan PTM 100 persen dengan maksimal enam jam durasi pembelajaran masih cukup riskan dilaksanakan mengingat mulai merebaknya varian Omicron di DKI Jakarta. Hal tersebut semakin dikhawatirkan dengan belum meratanya akses vaksinasi untuk guru dan peserta didik,” tambah Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Nadia Fairuza.

Sebaiknya, kuota PTM dikurangi lagi menjadi sama seperti tahun ajaran baru sebelumnya, yaitu berkisar 50-70 persen dengan disertai protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 11 Januari: Aldebaran Minta Andin Bicara Rahasia Irvan

Orang tua dan siswa sebaiknya dapat memilih untuk mengikuti pembelajaran secara daring untuk menjamin keamanan kesehatan.

Pertimbangannya adalah karena vaksinasi guru dan tenaga pengajar serta peserta didik juga belum terlaksana dengan merata dan penuh (dua kali vaksinasi) serta adanya tren kenaikan kasus setelah libur panjang di akhir tahun.

Ia juga menambahkan perlu adanya jeda waktu usai libur hingga PTM dilaksanakan secara penuh.

“Kemendikbud-Ristek dan Dinas Pendidikan juga wajib memastikan bahwa sekolah-sekolah yang mengikuti PTM, baik 100 persen maupun terbatas, memiliki fasilitas dan sanitasi yang lengkap dan baik serta para guru dan stafnya sudah tervaksinasi lengkap,” imbuhnya.

Baca Juga: Diincar RANS Cilegon FC, Ini Harga Pasar dan Besaran Gaji Mesut Oezil

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mari Belajar Huruf Vokal Mandarin Lebih Dalam

Minggu, 16 Januari 2022 | 07:20 WIB
X