Asah Keahlian Manajerial, Mahasiswa Butuh Lakukan Praktek Lapangan

- Minggu, 9 Januari 2022 | 23:41 WIB
Dekan FAI Unwahas, Iman Fadillah membuka kegiatan pembekalan untuk mahasiswa yang akan mengikuti program PPL ke berbagai instansi. (Suaramerdeka.com /Hari Santoso)
Dekan FAI Unwahas, Iman Fadillah membuka kegiatan pembekalan untuk mahasiswa yang akan mengikuti program PPL ke berbagai instansi. (Suaramerdeka.com /Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Program praktek pengalaman lapangan (PPP) butuh dilakukan sebagai langkah mengasah keahlian manajerial dan mengajar bagi mahasiswa tingkat akhir fakultas agama Islam (FAI).

Hal ini terutama juga untuk mahasiswa yang memilih mengambil jurusan seperti pendidikan agama islam (PAI), pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), dan hukum ekonomi syariah (HES).

“Program semacam ini juga dijalankan oleh Fakultas Agama Islam (FAI) Unwahas. Namun sebelum terjun di lapangan mahasiswa telah dibekali dengan sistem dan mata kuliah yang mendukung penguatan kompetensi,” Dekan FAI Unwahas Dr Iman Fadhilah kepada Suaramerdeka,com. Selain itu sebagai etape terakhir sebelum mahasiswa menempuh PPL kampus ikut memberikan pembekalan.

Baca Juga: Ini Link Nonton dan Spoiler Attack on Titan Season 4 Part 2 Episode 1 Sub Indo Live Streaming Malam Nanti

Peserta perkuliahan disiapkan terjun mencari pengalaman di berbagai lembaga seperti sekolah, koperasi syariah (BMT), pengadilan agama, hingga badan amal zakat nasional (Baznas).

Adapun acara pembekalan PPL ke-XXIII di gelar di Kampus Sampangan Menoreh Gajahmungkur. Forum ini dipakai untuk menguatkan komitmen mahasiswa dalam melaksanakan PPL. Selain itu mengingatkan pentingnya menjunjung etika selama berada di lokasi praktek dan tentunya kerendahan hati untuk terus belajar menimba pengalaman selama kegiatan berlangsung.

“Pada tahun ini pembekalan dilaksanakan secara blanded yakni luring-daring dengan diikuti oleh 268 mahasiswa,” imbuh dekan didampingi kaprodi Hukum Ekonomi Syari’ah Ubbadul Adzkiya, Kaprodi PGMI Ali Imron dan Kaprodi Pendidikan Agama Islam Anas Rohman.

Baca Juga: Weton Ini Konon Dikenal Sakti Mandraguna, Begini Gambarannya

Adapun tema pembekalan adalah “Pengembangan Kompetensi dan Reaktualisasi Keilmuan Mahasiswa Melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Era New Normal”. Melalui pembekalan ini diharapkan mahasiswa semakin siap terjun di sekolah atau Lembaga keuangan yang sebenarnya.

PPL diharapkan bisa memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar bagi jurusan PAI dan PGMI, serta mengatur pengelolaan Lembaga keuangan syariah bagi mahasiswa prodi HES.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X