Juknis ASN P3K, Kemendikbud Bajak Guru Swasta

- Minggu, 9 Januari 2022 | 20:48 WIB
Foto diri Muh Zen Adv
Foto diri Muh Zen Adv

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dinilai telah membajak guru-guru terbaik dari sekolah swasta. Untuk itu, Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Jateng meminta ada perubahan kebijakan penempatan guru yang lolos ASN P3K.

Ketua PGSI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia) Provinsi Jateng, Muh Zen Adv mengatakan banyak sekolah swasta yang kehilangan guru-guru produktif yang lolos dalam seleksi ASN P3K. Bukannya ditempatkan di sekolah asal atau sebelumnya mengabdi, guru-guru tersebut berpindah tugas ke sekolah negeri.

Zen mengatakan pemerintah kurang bijak dalam membuat aturan P3K, mestinya guru yang diterima ASN-P3K bisa diperbantukan (DPK) di sekolah swasta asal mereka mengajar.

Baca Juga: Ini Link Nonton dan Spoiler Attack on Titan Season 4 Part 2 Episode 1 Sub Indo Live Streaming Malam Nanti

“Berdasarkan kajian PGSI Jateng bahwa, dalam UU-RI Nomor 5 tahun 2014, tentang Penempatan ASN-P3K, pada pasal 1 ayat 2 bahwa

“Pegawai ASN dengan perjanjian kerja (P3K) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang- undangan”.

"Pada pasal berbunyi diberi tugas negara yang lain, menurut pemahaman kami, pemerintah bisa menugaskan atau memperbantukan ASN-P3K di sekolah swasta,” terang Muh Zen yang juga anggota Komisi E DPRD Jateng, Minggu (9/1).

Baca Juga: Usai Panggil Dukun, Bocah Asal Lombok yang Hilang 17 Bulan Akhirnya Ditemukan di Sirkuit Mandalika

Lebih memperihatinkan lagi, dalam satu sekolah ada kepala sekolah swasta beserta guru-gurunya diterima ASN-P3K.

Mereka harus meninggalkan sekolah almamater yang telah membesarkannya bertahun-tahun. Akibatnya sekolah tersebut banyak kekosongan guru.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PGRI Dorong Pemda Ajukan Formasi Guru PPPK

Rabu, 30 Maret 2022 | 20:18 WIB

9 Tips Lolos SNMPTN 2022 Agar Diterima di PTN Impian

Selasa, 15 Februari 2022 | 16:23 WIB
X