Awal 2022, PTM di Kota Semarang Akan Berlangsung Setiap Hari

- Senin, 3 Januari 2022 | 17:47 WIB
Dinas Pendidikan dan DPRD Kota Semarang saat meninjau vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di MI Nashrul Fajar, Meteseh, Tembalang. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)
Dinas Pendidikan dan DPRD Kota Semarang saat meninjau vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun di MI Nashrul Fajar, Meteseh, Tembalang. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sementara masih berlangsung dalam tiga hari dalam sepekannya, dengan kapasitas 50 persen jumlah siswa perkelasnya dan dilangsungkan secara bergantian setiap harinya.

Selain itu, pembelajaran pun dibatasi hanya dua jam mata pelajaran saja. Namun kelonggaran aturan akan diberikan, jika nantinya tingkat vaksinasi masyarakat dan anak usia sekolah telah mencapai batas tertentu.

Serta daerah tersebut berkategori Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 dan 2. Kota Semarang termasuk salah satu daerah yang saat ini telah berstatus PPKM level I.

Baca Juga: Heboh! Zikri Daulay Kepergok Gendong dan Cium Ayu Aulia di Bali

Jika dapat bertahan, maka PTM pada awal 2022 diperkirakan dapat dilaksanakan setiap hari (full day).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, satuan pendidikan yang capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan paling sedikit 80 persen.

Dan capaian vaksinasi dosis 2 warga masyarakat lanjut usia paling sedikit 50 persen di tingkat kabupaten/kota, maka PTM dilaksanakan setiap hari dengan jumlah peserta didik 100 persen.

Sementara untuk lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari. Sementara itu, vaksinasi anak usia 6-11 tahun sampai sekarang diperkirakan telah mencapai angka 35 persen dari sekitar 160 ribu siswa.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemain Liga Inggris yang Akan Memperkuat Negaranya di Piala Afrika 2021

"Kalau sudah PPKM level 1 seperti status di Kota Semarang dan sebaran vaksin memenuhi ketentuan, maka PTM dapat berlangsung setiap hari. Kami berharap kondisi seperti ini akan terus berlangsung, bahkan menjadi lebih baik," papar dia.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

125 Pelajar Ikuti Seleksi Kelas Khusus Olahraga

Kamis, 26 Mei 2022 | 16:25 WIB

Milad Ke-7, SD Al Azam Semarang Gelar Eksis

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:59 WIB
X