Kadisdik Pendidikan: Guru Mampu Bentuk Perkembangan Pemahaman Siswa

- Senin, 27 Desember 2021 | 22:31 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri (SM/dok)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri (SM/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menilai peran guru mampu membentuk perkembangan pemahaman siswa, termasuk dalam mempelajari geometri serta membentuk learning trajectory dalam belajar.

Gunawan menuturkan, urgensi kegiatan pengabdian memberikan kesempatan guru dalam mengeksplorasi kearifan lokal di Jawa Tengah sebagai konteks pembelajaran matematika.

"Guru dapat membentuk tahapan perkembangan pemahaman siswa dalam memperlajari geometri serta membentuk learning trajectory dalam belajar dari tahap informal hinggal formal," kata Gunawan dalam salah satu kegiatan yang diselenggarakan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Senin (27/12).

Baca Juga: Harga Telur Naik Melejit, Santai Ini Resep Kue Lapis Legit Minim Telur Mudah Buatnya dan Ekonomis Biayanya

Menurutnya siswa perlu diberikan pemahaman dan wawasan. Bahwasanya belajar matematika tidak hanya tentang rumus, kalkulasi, atau menghafalkan, tetapi juga matematika merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Farida Nursyahidah selaku ketua tim pengabdian menjelaskan, tujuan program pengabdian masyarakat berbasis Hasil Penelitian PTS Realistic Mathematics Smart Camp diantaranya penguatan digitalisasi serta memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru matematika MGMP Kota Semarang.

Baca Juga: Cegah Perang Petasan di Malam Tahun Baru, 12.844 Petasan Ilegal Dimusnahkan

"Mendesain digitalisasi bahan ajar pembelajaran berbasis kearifan lokal. Kedua, digitalisasi media pembelajaran interaktif pembelajaran berbasis kearifan lokal. Ketiga, pendampingan Joyful Learning menggunakan pendeketan Realistic Mathematics Education," sebutnya.

Pihaknya berharap, guru matematika mampu mendesain bahan ajar pembelajaran secara digital berbasis kearifan lokal.

Adapun mitra sasaran dalam program pengabdian ini adalah guru matematika yang tergabung dalam MGMP SMP Kota Semarang yang berjumlah 31 guru.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PGRI Dorong Pemda Ajukan Formasi Guru PPPK

Rabu, 30 Maret 2022 | 20:18 WIB

9 Tips Lolos SNMPTN 2022 Agar Diterima di PTN Impian

Selasa, 15 Februari 2022 | 16:23 WIB

Kadin Jateng Luncurkan Program Pemagangan di Jerman

Senin, 31 Januari 2022 | 20:15 WIB
X