Tempe Chia Seed, Hasil Kreativitas Terbaru Dosen Inovasi UKSW

- Jumat, 24 Desember 2021 | 12:52 WIB
Dekan Fakultas Biologi UKSW Dra Lusiawati Dewi MSc dan produk inovasi tempe chia seed karyanya. (suaramerdeka.com / dok UKSW)
Dekan Fakultas Biologi UKSW Dra Lusiawati Dewi MSc dan produk inovasi tempe chia seed karyanya. (suaramerdeka.com / dok UKSW)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Dosen inovasi tempe dari UKSW Salatiga, Dra Lusiawati Dewi MSc, merasa tidak puas dengan berbagai jenis tempe hasil karya kreativitasnya, meski sudah puluhan jenis karyanya dikenalkan kepada masyarakat.

Kali ini dia membuat tempe yang dikombinasikan dengan Chia Seed (salvia hispanica), jenis tanaman mint.

Menurut Lusiawati Dewi, tanaman Chia Seed banyak tumbuh di Meksiko atau Amerika Selatan, lalu di Indonesia banyak dijual biji tanama chia ini. '

'Kombinasi tempe Chia Seed ini dipilih karena kandungan nutrisi chia seed sangat tinggi. Chia seed mengandung beragam nutrisi yaitu karbohidrat, protein, serat, serta omega-3 dan omega-6. Juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, selenium, kalium, zat besi, dan magnesium,'' kata Dekan Fakultas Biologi UKSW tersebut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film yang Cocok Temani Libur Natal dan Tahun Baru

Chia seed juga mengandung sejumlah antioksidan, seperti asam klorogenik, caffeic acid, quercetin, dan kaempferol.

Manfaat Chia Seed antara lain, dapat menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Direkomendasikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Dan kandungan protein pada biji chia juga dapat menekan nafsu makan.

Selain itu, kandungan protein dan mineral seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor, sangat baik untuk memelihara kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Resmi Jadi Ketua PBNU 2021-2026, Gus Yahya Raup 337 Suara

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB
X