UKSW Bina Tata Keuangan dan Pembukuan BUMDes Lewat Program Milenial Desa

- Kamis, 23 Desember 2021 | 11:00 WIB
Tim Departeman Akuntansi FEB UKSW dan pengelola BUMDes di Kabupaten Semarang bermitra memberikan pelatihan keuangan dan pembukuan. (suaramerdeka.com / dok UKSW)
Tim Departeman Akuntansi FEB UKSW dan pengelola BUMDes di Kabupaten Semarang bermitra memberikan pelatihan keuangan dan pembukuan. (suaramerdeka.com / dok UKSW)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Sebanyak enam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Semarang, mendapat pembinaan tata kelola keuangan dan pembukuan yang benar, melalui Program Milenial Desa, yang dilaksanakan Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UKSW.

Keenam BUMDes itu adalah BUMDes Bergas Mandiri, Desa Bergas Kidul Kecamatan Bergas; BUMDes Samirono Mandiri, Desa Samirono Kecamatan Getasan.

Kemudian, BUMDes Bangun Jaya Kesongo, Desa Kesongo Kecamatan Tuntang; BUMDes Agung Lestari, Desa Jombor Kecamatan Tuntang, BUMDes Sembada Desa, Desa Watuagung Kecamatan Tuntang; dan BUMDes Maskumambang, Desa Kemambang Kecamatan Banyubiru.

Ketua Departemen Akuntansi FEB UKSW Salatiga, Prof Theresia Woro Damayanti, menjelaskan, pengembangan desa saat ini menjadi salah satu prioritas pemerintah.

Baca Juga: Mbah Minto Meninggal Dunia, Ganjar: Terima Kasih Sudah Jadi Inspirasi dan Penguat Kami

Dana pembangunan yang sebelumnya berkutat di pusat, baik di kabupaten atau pun kota, saat ini lebih diratakan ke wilayah desa.

''Salah satu cara untuk mengelola ekonomi masyarakat desa adalah dibentuk BUMDes. BUMDes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa, yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan lembaga komersial (commercial institution),'' jelas Prof Woro Damayanti, Selasa (21/12)

Menurut Woro, kinerja BUMDes menjadi basis pengembangan usaha ke depan, sehingga BUMDes bisa menjadi pusat pengembangan perekonomian desa.

Dalam pelaksanaannya sejumlah BUMDes menghadapi persoalan dalam kegiatan pengelolaannya.

Baca Juga: Penggemar Blackpink Menilai Snowdrop bukan Kisah Politik, Ini Pembelaan Mereka

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X