AlumniTalk Hari Ibu: Merdeka Belajar Akan Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa

- Kamis, 23 Desember 2021 | 08:12 WIB
Psikolog Anak dan Remaja, Alste 1993 Vera Itabiliana dalam Alumni Talk Spesial Hari Ibu 2021. (suaramerdeka.com / dok Panitia)
Psikolog Anak dan Remaja, Alste 1993 Vera Itabiliana dalam Alumni Talk Spesial Hari Ibu 2021. (suaramerdeka.com / dok Panitia)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Memperingati hari Ibu, Alumni Talk dan Alste Indonesia menggelar webinar bertajuk Peran Orang Tua Dalam Merdeka Belajar, Rabu (22/12) malam.

Digelar melalui aplikasi zoom, diskusi menghadirkan dua narasumber yakni Nita Aryanti, Guru besar Undip (Fis 3 Alste 1993) dan Vera Itabiliana, Psikolog (Fis 8 Alste 1993. Sebagai moderator, Nastiti (Fis 5 Alste 1993).

Narasumber pertama, Nita Aryanti menyebut jika program Merdeka Belajar yang diluncurkan Kemendikbudristek ini sangat baik.

"Secara konsep bagus, kalau kendala pasti ada, mungkin ini diadopsi dari sistem pendidikan luar negeri, tujuannya untuk menambah kemampuan mahasiswa tidak hanya secara teori saja," tuturnya.

Baca Juga: Varian Omicron Sudah Tersebar di 85 Negara, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Program Merdeka Belajar juga disebut akan meningkatkan kemampuan mahasiswa tidak hanya di kampus saja.

"Misal ada anak mahasiswa magang dan dinilai bagus tentu akan ada kelanjutan kerjasama kemudian bisa direkrut," imbuhnya.

Sementara, Vera Itabiliana selaku narasumber kedua menerangkan apa saja yang diperlukan anak-anak dalam program merdeka belajar ini.

"Anak-anak usia 18-25 melewati masa dewasa baik-baik saja jika memiliki aspek intelektual, psikologi dan sosial. Intelektualnya itu pintar mengambil keputusan, psikologinya harus punya regulasi emosi yang baik, bisa bertanggung jawab pada diri sendiri, lalu sosialnya ada banyak hal, seperti puya hubungan baik dengan orangtua, teman, lingkungan," bebernya.

Baca Juga: Foodies Culinary Diharap Bisa Angkat Potensi Kuliner UMKM

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Milad Ke-7, SD Al Azam Semarang Gelar Eksis

Selasa, 24 Mei 2022 | 23:59 WIB

Kembangkan Smart Campus, USM Gandeng Telkom

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:41 WIB

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X