Lestarikan Kesenian Tradisional, Unwahas Launching Aplikasi ERebana

- Selasa, 14 Desember 2021 | 15:19 WIB
Dosen dan mahasiswa Teknik Informatika menghadiri peluncuran aplikasi ERebana di Kampus Unwahas. (Suaramerdeka.com/dok Unwahas)
Dosen dan mahasiswa Teknik Informatika menghadiri peluncuran aplikasi ERebana di Kampus Unwahas. (Suaramerdeka.com/dok Unwahas)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) meluncurkan aplikasi rebana elektronika (E-Rebana) sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional.

Diinisiasi oleh Tim Pengembang ERebana dari Program Studi Teknik Informatika, mendapatkan pendanaan penelitian kompetitif dari Unwahas melalui LP2M.

Launching dilakukan bersamaan dengan kegiatan HMJ Teknik Informatika yaitu Informatika Bersholawat baru-baru ini bersama dengan JQH Unwahas.

ERebana Unwahas merupakan aplikasi berbasis android yang dibuat untuk mempermudah belajar alat musik serta meningkatkan minat masyarakat dalam bermain rebana sekaligus melestarikan kesenian tradisonal.

Baca Juga: Al Quran Surat At Tin, Lengkap Teks Arab, Latin dan Terjemah Bahasa Indonesia

Hal ini khususnya juga untuk kaum milenial yang serba memakai gawai. ERebana dibuat semirip mungkin dengan alat aslinya supaya lebih disukai masyarakat umum.

Alat musik rebana yang tersedia dalam aplikasi ini yaitu terbang, tam, darbuka, tamborin, bas hadroh, dan bas banjari.

“Aplikasi ini tentunya akan selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui versi-versi berikutnya. Harapannya akan bisa menjadi kebanggaan Unwahas,” jelas Kaprodi Teknik Informatika, Agung Riyantomo.

Perpaduan unsur rebana asli dengan kehadiran teknologi informasi merupakan upaya melestarikan kesenian tradisional.

Baca Juga: Lafal Sholawat Munjiyat, Arab, Latin dan Terjemahnya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB

Senat USM Studi Banding ke Senat UMY

Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB
X