Uji Kompetensi Profesi Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Desain Mode Batik ISI Surakarta

- Selasa, 14 Desember 2021 | 13:36 WIB
Uji kompetensi profesi bagi mahasiswa prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta dengan asesor dari LSP Batik Semarang. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)
Uji kompetensi profesi bagi mahasiswa prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta dengan asesor dari LSP Batik Semarang. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)

SURAKARTA, suaramerdeka.com – Program Studi Desain Mode Batik ISI Surakarta menyelenggarakan uji kompetensi profesi bagi mahasiswa dengan asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik Semarang.

LSP Batik Semarang merupakan lembaga pelaksana kegiatan uji kompetensi profesi yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan uji kompetensi ini diikuti mahasiswa Desain Mode Batik ISI Surakarta dari angkatan tahun 2017 hingga 2021.

Aan Sudarwanto, S.Sn., M.Sn selaku Ketua Prodi Desain Mode Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain menyampaikan bahwa uji kompetensi pada para mahasiswa Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta penting.

Baca Juga: KKB Kembali Membakar Bangunan SMPN di Kabupaten Pegunungan Bintang, Tidak Ada Korban Jiwa

"Lulusan PT yang mau tidak mau harus link and match dengan sistem industri sehingga standar kompetensi lulusan harus sesuai dengan kebutuhan industri yang telah dirumuskan melalui konvensi secara nasional," kata dia.

Oleh karena itu, SKKNI digunakan sebagai acuan dalam pendidikan dan sertifikasi profesi.

"Diharapkan dengan dengan dilakukannya uji kompentesi yang dilakukan oleh LSP Batik yang merupakan kepanjangan tangan dari BNSP, para mahasiswa Program studi DMB mempunyai sertifikat kompetensi sebagai pendamping ijazah, sehingga benar-benar siap terjun ke industri setelah lulus,” kata Aan.

Uji kompetensi ini berlangsung selama 2 hari di Gedung 2 di ruang Studio Batik Kampus II ISI Surakarta.

Baca Juga: Haji Lulung Meninggal Dunia, Sebelumnya Kondisi Kesehatan Jantung Sempat Stabil

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kembangkan Smart Campus, USM Gandeng Telkom

Minggu, 22 Mei 2022 | 12:41 WIB

HUT Ke-21, Polkesmar Raih Dua Prestasi

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:50 WIB
X