Mendikbudristek Janjikan Kecukupan Guru Terpenuhi, Seleksi PPPK Guru akan Dilanjutkan

- Rabu, 8 Desember 2021 | 14:37 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta pengurus dan anggota PGRI Jateng saat menghadiri puncak peringatan hari jadi PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) di Balairung Universitas PGRI Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta pengurus dan anggota PGRI Jateng saat menghadiri puncak peringatan hari jadi PGRI ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) di Balairung Universitas PGRI Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjanjikan kecukupan guru di Indonesia akan terpenuhi secara bertahap.

Ia juga menegaskan siap melanjutkan proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru dengan membuka rekrutmen sesuai formasi yang diperlukan.

Nadiem menyebut, belum lama ini Kemendikbudristek bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan kementrian terkait, resmi mengumumkan 173.329 guru honorer lulus ujian seleksi pertama guru PPPK.

Baca Juga: Sinopsis Terpaksa Menikahi Tuan Muda Hari Ini 8 Desember 2021, Radit Ternyata Masih Hidup

"Kami komitmen akan terus meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan guru dengan berbagai program Merdeka Belajar. Kami memastikan melanjutkan seleksi PPPK sampai semua guru honorer mendapatkan upah yang jauh lebih layak," kata Nadiem memberikan arahan secara virtual pada puncak peringatan hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) di Balairung Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Rabu, 8 Desember 2021.

Kelanjutan rekrutmen PPPK bagi guru honorer tersebut menurutnya sebagai bukti pemerintah peduli dan komitmen dalam meningkatkan kesejahteraan guru di Tanah Air.

"Kami percaya guru sebagai garda terdepan perbaikan bangsa ini. Mereka awal dan akhir transformasi pendidikan kita. Guru bergerak dengan hati memulihkan sistem pendidikan kita," sebutnya.

Baca Juga: Get Out Dinobatkan Jadi Naskah Film Terbaik Abad Ini, Berikut Daftar Film yang Masuk Posisi 5 Besar

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang hadir pada kesempatan itu, turut menampung sejumlah usulan maupun keluhan guru.

Salah satunya berkaitan dengan minimnya ketersediaan sinyal di sebagian kecil wilayah. Ganjar menyatakan siap membantu kebutuhan guru tersebut demi keberlangsungan pembelajaran yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Juknis ASN P3K, Kemendikbud Bajak Guru Swasta

Minggu, 9 Januari 2022 | 20:48 WIB

Pramuka Harus Mampu Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Selasa, 28 Desember 2021 | 22:25 WIB

Implementasi Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi

Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:09 WIB

Wujudkan Merdeka Belajar, Guru Perlu Ubah Pola Pikir

Senin, 20 Desember 2021 | 17:49 WIB
X