Kampus Prioritaskan Desa Mitra Terima Alih Teknologi Tepat Guna

- Rabu, 8 Desember 2021 | 06:45 WIB
Tim Dosen ITB Semarang dan Unsoed Purwokerto melaksanakan visitasi lapangan di kawasan desa mitra Margosari Limbangan Kendal. (suaramerdeka.com / dok ITB)
Tim Dosen ITB Semarang dan Unsoed Purwokerto melaksanakan visitasi lapangan di kawasan desa mitra Margosari Limbangan Kendal. (suaramerdeka.com / dok ITB)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Di era pesatnya perkembangan teknologi informasi, perguruan tinggi memprioritaskan desa mitra kampus untuk dapat menerima banyak manfaat.

Misal, adanya alih teknologi tepat guna yang dapat dipakai perguruan tinggi mendukung kemajuan desa.

“Sebagaimana halnya yang kami jalankan bersama desa mitra di Kabupaten Kendal. Kampus kami melibatkan juga berbagai perguruan tinggi lain membuat terobosan untuk membantu masyarakat di desa binaan Margosari Limbangan Kendal,” kata Rektor ITB Semarang Prof Dr Y Sutomo didampingi Wakil Rektor Dr Sudarman.

Adapun pola yang dikembangkan untuk membantu desa mitra adalah rekayasa teknologi untuk mendukung infrastruktur daerah.

Baca Juga: Bank Indonesia Jawa Tengah Berikan 2 Ambulans serta Launching QRIS Duta Kampus di Undip

Bentuknya berupa langkah menggali potensi sumber daya alam (SDA) desa dengan menemukan sumber air, menggalakkan pertanian hingga mendukung aktivitas masyarakat dalam bidang perikanan.

ITB Semarang turut berkolaborasi dengan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

“Prioritas kami memang dalam usaha mendukung pengembangan sumber daya alam. Sebagai contohnya juga pada aspek pengelolaan sumber daya air yang masih sangat melimpah, sektor pertanian dan perikanan,’’jelasnya.

Desa Margosari, secara resmi telah dijadikan desa mitra binaan ITB dan Unsoed semenjak Bulan Agustus lalu dengan diramaikan acara peluncuran bersama.

Baca Juga: 1.222 Guru Ikuti Uji Pengetahuan PPG

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X