Tim KKN UAD Gelar Pembuatan Pupuk Organik untuk Warga Pakuncen Wirobrajan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 11:00 WIB
Tim KKN Alternatif 75 Unit IV.D.3 UAD menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik untuk warga Pakuncen Wirobrajan. (suaramerdeka.com / dok tim KKN UAD)
Tim KKN Alternatif 75 Unit IV.D.3 UAD menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik untuk warga Pakuncen Wirobrajan. (suaramerdeka.com / dok tim KKN UAD)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tim KKN Alternatif 75 Unit IV.D.3 UAD menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik yang menjadikan rekomendasi produk bisnis UMKM bagi masyarakat RW 08 Pakuncen Wirobrajan.

Pelatihan pembuatan pupuk ini, tim UAD bekerja sama dengan masjid Al-barokah serta kelompok tani 'Tu Ingkali', yang turut dihadiri Ketua RW 08 serta ketua RT 38, RT 39, RT 40 juga warga kelompok tani.

Sudirah selaku kelompok tani Tu Ingkali menuturkan, masyarakat di RW 08 masih kurang pemahaman dan pengetahuan terkait dengan limbah dapur seperti sayuran layu, cangkang telur, kulit buah pisang.

Padahal bahan-bahan tersebut seharusnya bisa diolah menjadi produk pupuk yang baik dan murah.

Baca Juga: Dolar Naik Tipis pada Mata Uang Safe-Haven, Terkerek Berita Meyakinkan tentang Varian Omicron

Tantangan inilah yang mendorong Tim KKN sebagai solusi dalam mengatasi salah satu permasalahan terkait dengan UMKM yang belum dimiliki masyarakat RW 08 dan limbah sampah dapur yang semakin banyak terbuang di lingkungan sekitar.

"Kami berharap masyarakat RW 08 mendapatkan pengetahuan baik teori maupun praktik dalam memanfaatkan sisa-sisa sayuran menjadi pupuk yang bermanfaat bagi tanaman," kata Sudirah.

Ferda selaku Ketua KKN Unit IV.D.3 menuturkan, program pembuatan pupuk ini sangat bagus, selain bisa melatih dalam pembuatan pupuk.

"Produk rekomendasi dari kami untuk masyarakat RW 08 juga bisa dijadikan ajang bisnis guna untuk meningkatkan UMKM RW 08," kata Ferda.

Baca Juga: PPKM Level 3 Batal Diterapkan Pemerintah Saat Natal dan Tahun Baru, Ini Aturan Penggantinya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X