Pembelajaran Jarak Jauh Jadi Tantangan Guru dan Orang Tua, Perlu Praktik Terbaik

- Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
Peserta orang tua dan guru mengikuti kegiatan Focus Group Discussion yang diselenggarakan Tim Pengabdian Unnes bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Mekkah. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)
Peserta orang tua dan guru mengikuti kegiatan Focus Group Discussion yang diselenggarakan Tim Pengabdian Unnes bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Mekkah. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kegiatan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan orang tua dalam pendampingan belajar anak.

Tim pengabdian Unnes bekerja sama dengan Sekolah Indonesia Mekkah, memberikan dukungan kepada guru dan orang tua siswa melalui kegiatan Focuss Group Discussion (FGD) mendiskusikan praktik-praktik terbaik program Belajar dari Rumah di Indonesia dan Mekkah.

Dosen sekaligus Koordinator Program Studi Magister PAUD Unnes Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto menuturkan, terhitung Maret 2020, Pemerintah telah menerapkan sistem school from home (sekolah/belajar dari rumah) sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pengertian belajar dari rumah adalah belajar apa saja yang berada di rumah untuk pembelajarannya bersama orang tua sebagai pengganti guru kelas.

Baca Juga: Natal 2021, Koes Plus Ciptakan Lagu Natal dalam Dua Gaya

Belajar di rumah bisa dilakukan dengan panduan orang tua, di mana anak didik harus diberikan edukasi yang positif dan produktif.

Dengan adanya kemajuan digital yang sangat canggih, belajar di rumah bisa dilakukan dengan cara online tanpa bertatap muka dengan guru dan teman.

''Adapun urgensi dilakukan kegiatan melakukan Focus Group Discussion ini adalah untuk mendiskusikan praktik-praktik terbaik program Belajar dari Rumah dalam perspektif guru dan orangtua,'' tuturnya.

Dikatakannya, kegiatan ini bermaksud menggali lebih dalam bagaimana guru-guru dari PAUD Mitra di Indonesia dan Mekkah dalam menerapkan pembelajaran untuk peserta didik.

Baca Juga: Doddy Soedrajat Dikabarkan Terlilit Hutang Pinjol: Hoaks, Gak Benerlah Itu

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mari Belajar Huruf Vokal Mandarin Lebih Dalam

Minggu, 16 Januari 2022 | 07:20 WIB
X