Gandeng BPBD, Mahasiswa KKN Didorong Bentuk Desa Tangguh Bencana

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 14:20 WIB
BERIKAN ARAHAN : Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan KKN, LPPM UPGRIS, Arisul Ulumuddin memberikan arahan secara daring kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
BERIKAN ARAHAN : Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan KKN, LPPM UPGRIS, Arisul Ulumuddin memberikan arahan secara daring kepada mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dalam menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan KKN, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM ) UPGRIS, Arisul Ulumuddin mendorong mahasiswa peserta KKN untuk memberikan edukasi kebencanaan hingga membentuk struktur forum desa tangguh bencana di masing-masing desa atas bimbingan BPPD kabupaten/kota setempat.

Baca Juga: Hari Keberuntungan 12 Shio, Yuk Cek Tanggalnya!

"Mahasiswa paling tidak bisa melakukan program pengetahuan kebencanaan/mitigasi bencana. Sebab pencegahan dinilai jauh lebih penting. Mereka bisa datang ke sekolah untuk memberikan edukasi, sampai membentuk dalam satu desa ada struktur forum desa tangguh bencana," kata Aris disela-sela kegiatan pembekalan mahasiswa KKN di kampus tersebut, Sabtu 4 Desember 2021.

Pada pelaksanaan KKN yang mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat melalui Literasi Digital dalam Mendukung Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" ini, pihaknya menerjunkan 1.655 mahasiswa. Mereka nantinya tersebar di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"Untuk di Jawa Tengah diantaranya Semarang, Banjarnegera, Banyumas, Batang, Blora, Jepara, Kendal, Kudus, Pati, Tegal, Pekalongan dan lainnya. Sedangkan yang di luar Jawa ada di Balikpapan dan Kotawaringin Barat," sebutnya.

Baca Juga: Ramalan Lengkap Shio Kambing di Tahun 2022, dari Jodoh hingga Fengshui

Mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pengabdian selama satu bulan penuh, dimulai dari 27 Januari hingga 27 Februari 2022 mendatang. Adapun pembekalan dilakukan secara bertahap. Sebelumnya pada 1 Desember kemarin, mahasiswa mendapat arahan secara daring dan luring di Kantor BPBD Jateng.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X