Kembangkan Model Manajemen Layanan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terintegrasi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:45 WIB
Peneliti Ahli Madya Bidang Pendidikan pada Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Mohamad Miftah M.Pd. (suaramerdeka.com / dok Pribadi)
Peneliti Ahli Madya Bidang Pendidikan pada Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Mohamad Miftah M.Pd. (suaramerdeka.com / dok Pribadi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perkembangan revolusi industri 4.0 berdampak pada era society 5.0 sekarang ini.

Pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam berbagai dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku individu dan sistem tatanan kehidupan.

Imbasnya, individu dituntut untuk dapat lebih memiliki kemampuan dan kemapanan dalam memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, kreatif, inovatif, adaptif, dan dinamis.

Kehadiran teknologi tinggi baik berupa hardware dan software menuntut ketersediaan, kesiapan, adaptasi, kolaborasi, inisiasi, serta inovasi dalam menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan tepat, efektif dan efisien, praktis dan ekonomis, mudah dan maslahah.

Baca Juga: Imbas Rentetan Kecelakaan, Transjakarta dan KNKT Lakukan Audit Keselamatan Operasi

Peneliti Ahli Madya Bidang Pendidikan pada Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Dr. Mohamad Miftah M.Pd menyampaikan hal itu termasuk dalam mengatasi problematika pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang cenderung fluktuasi tak kunjung normal.

Tuntutan dan tantangan tersendiri bagi agen perubahan untuk dapat berpikir tingkat tinggi di era society 5.0 yakni HOTS: Higher Order Thinking Skills, termasuk para guru/pendidik dalam pemecahan pembelajaran menggunakan high performance computer atau integrated ICT.

Permasalahan pembelajaran menjadi isu santer dan pembahasan stakeholder terkait yang tak kunjung habis.

Tawaran solusi dunia pendidikan baik berupa regulasi, kebijakan, model pembelajaran, maupun berbentuk bantuan materi terus diberikan.

Baca Juga: Memakai Softlens Terlalu Lama, Bagaimana Dampaknya?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kriteria Calon Rektor Unnes Periode 2022-2026

Jumat, 21 Januari 2022 | 17:16 WIB
X