Pendidikan Karakter Tentukan Kemampuan Anak Mengembangkan Potensi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:12 WIB
Dalam upaya mendidik karakter anak, SDN Manyaran 02 Semarang mengadakan kegiatan Islami melalui dongeng. (suaramerdeka.com / dok sekolah)
Dalam upaya mendidik karakter anak, SDN Manyaran 02 Semarang mengadakan kegiatan Islami melalui dongeng. (suaramerdeka.com / dok sekolah)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala SDN Manyaran 02 Semarang, ML Dyah K Anggraini berpendapat, pendidikan karakter sebaiknya diterapkan sejak anak usia dini karena pada usia dini sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya.

Selain itu pendidikan karakter pada anak usia dini juga dapat mengantarkan anak dalam mengolah emosi secara matang

"Pendidikan karakter pada anak merupakan proses pembentukkan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritual, dan kepribadian. Oleh karena itu, pendidikan karakter berperan penting pada bagaimana anak bersikap dan menjalani kehidupan mereka," ujarnya, Kamis 2 Desember 2021.

Menurutnya, pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, di mana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.

Baca Juga: Harga Minyak Berakhir Beragam Seiring Kekhawatiran Meningkatnya Kasus Covid-19

Kemudian manfaat pendidikan karakter adalah membentuk karakter diri, mengetahui peluang dan bahaya lingkungan, melatih moral dan mental , baik dalam mengambil keputusan dan bertanggungjawab, disiplin.

Adapun upaya yang dilakukan dalam mendidik karakter anak di sekolah yaitu guru menjadi contoh bagi siswa, menjadi apresiator.

Kemudian, mengajarkan nilai moral pada setiap mata pelajaran, bersikap jujur dalam setiap permasalahan, mengajarkan sopan santun, memberi kesempatan kepada siswa menjadi pemimpin dan berbagi pengalaman inspiratif.

"Sementara itu contoh upaya dalam mendidik karakter anak di rumah yaitu orang tua harus selalu memberi contoh yang baik. Sebab anak cenderung menirukan apa yang dilakukan oleh orang- orang di sekitarnya. Kemudian tanamkan kepercayaan diri serta menerapkan sistem 'Reward and Punishment' dan ajak anggota keluarga untuk bekerjasama," imbuhnya.

Baca Juga: Waspada! Indonesia Diprediksi Dihantam Cuaca Ekstrem hingga 9 Desember

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mari Belajar Huruf Vokal Mandarin Lebih Dalam

Minggu, 16 Januari 2022 | 07:20 WIB
X