Akreditasi Program Studi, Mendikbudristek Beri Kewenangan Lembaga Mandiri

- Kamis, 2 Desember 2021 | 19:57 WIB
Kegiatan FGD yang diselenggarakan oleh Lamdik dan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di salah satu hotel di Kota Semarang. (SM/Eko Fataip)
Kegiatan FGD yang diselenggarakan oleh Lamdik dan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di salah satu hotel di Kota Semarang. (SM/Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan kewenangan kepada lembaga mandiri untuk melakukan akreditasi bagi suatu program studi di perguruan tinggi.

Lembaga berupa Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) nantinya sebagai pelaksana akreditasi program studi (Prodi) berdasarkan rumpun atau sesuai cabang keilmuan.

Adapun keberadaan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tetap berwenang melakukan akreditasi terhadap suatu perguruan tinggi serta melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap LAM.

Baca Juga: Polres Semarang Minta Panser Biru PSIS Hindari Gesekan Antar Suporter

Sejauh ini baru Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (Lam-PTKes) yang sudah resmi mendapat pengesahan.

Sedangkan LAM lainnya bisa disebut sudah berdiri, namun tinggal menunggu pengesahan dari Mendikbudristek, salah satunya Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik).

Ketua Umum Lamdik Prof Muchlas Samani menyatakan, tugas dan wewenang LAM diatur oleh Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, yang menyatakan akreditasi untuk program studi dilaksanakan oleh LAM.

"Nantinya akreditasi yang kami lakukan tidak tergantung perguruan tingginya, tetapi lebih ke program studinya. Sepanjang namanya prodi kependidikan, maka Lamdik yang akan melakukan akreditasi," kata Muchlas pada kegiatan FGD yang diselenggarakan oleh Lamdik dan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Kota Semarang, Kamis (2/12).

Pendirian LAM dilakukan oleh masyarakat, utamanya organisasi profesi. Selain Lamdik, saat ini sudah ada beberapa lembaga akreditasi mandiri yang juga sudah terbentuk, dan hanya menunggu pengesahan.

Baca Juga: 35 Tahun Mengabdi 2 Personel Polres Tegal Kota Dapat Kado Istimewa dari Kapolri

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X