Pembiasaan Karakter Sejak Dini Menentukan Masa Depan Anak

- Kamis, 2 Desember 2021 | 16:38 WIB
 Guru Swasta Verifikasi TK. Hj. Zumronah Batursari Mranggen, Indarwati (suaramerdeka.com/dok)
Guru Swasta Verifikasi TK. Hj. Zumronah Batursari Mranggen, Indarwati (suaramerdeka.com/dok)

 

MENDIDIK karakter anak usia dini tidaklah mudah. Apalagi anak yang masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Butuh kesabaran dalam menghadapi anak usia tersebut.

Menurut Guru Swasta Verifikasi TK. Hj. Zumronah Batursari Mranggen, Indarwati berpendapat, usia dini merupakan golden age yaitu usia yang paling kuat ketika anak menerima respon dari orang dewasa dan lingkungan sekitarnya.

Nantinya apa yang sering didengar dan dilihat anak akan terbawa hingga mereka dewasa.

"Jadi kalau di usia golden age orang tua sering membiasakan karakter yang kuat kedepan mereka akan berkembang dengan baik menjadi anak yang cerdas, berakhlak mulia dan berbudi luhur," ujar ibu berusia 51 tahun itu, Kamis (2/12).

Baca Juga: Plt PSSI Jateng Berharap Semifinali Liga 3 Jateng Suguhkan Permainan Menghibur

Selain itu, mendidik karakter sejak dini akan membuat mereka lebih dewasa sehingga bisa memilih dan memilah mana yang baik dan buruk untuk kehidupannya.

Jadi untuk mendidik karakter anak perlu dilakukan pembiasaan dengan diulang-ulang terus, misalnya terkait kedisiplinan anak terus diajarkan disiplin, disiplin ibadah sholat, hafalan dan setiap pagi anak dianjurkan membaca Asmaul Husna.

Kemudian anak juga diajarkan agar membiasakan diri jika diberi sesuatu selalu mengucapkan terimakasih, jika meminta sesuatu mengucapkan minta tolong dan jika masuk kelas maupun rumah jangan lupa mengucapkan assalamualaikum, serta jika keluar rumah harus berpamitan dengan orang tua.

Baca Juga: Doddy Sudrajat Ingin Pindahkan Makam Vanessa Angel, Netizen Tanya Petir: Bisakah Kau Sambar Mulutnya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mari Belajar Huruf Vokal Mandarin Lebih Dalam

Minggu, 16 Januari 2022 | 07:20 WIB

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X