Akhir Tahun, Kemenag Lakukan PAK Lektor Kepala dan Guru Besar Perdana

- Selasa, 30 November 2021 | 08:37 WIB
Penyamaan persepsi penilai PAK Lektor Kepala dan Guru Besar Kemenag. (suaramerdeka.com/dok)
Penyamaan persepsi penilai PAK Lektor Kepala dan Guru Besar Kemenag. (suaramerdeka.com/dok)

SERPONG, suaramerdeka.com - Jelang akhir tahun 2021, Kementerian Agama akan melakukan Penilaian Angka Kredit (PAK) Lektor Kepala/Guru Besar rumpun keilmuan agama bagi para dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) seluruh Indonesia.

Kepastian itu mengemuka pada kegiatan, Penyamaan Persepsi PAK LK/Gubes ke 2 yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada Senin 29 November di Hotel Mercure Serpong Alam Sutra.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag mengatakan proses pengajuan kenaikan jabatan ke Lektor Kepala dan Guru Besar (LK/GB), yang semula menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini beralih di Kemenag.

Baca Juga: Sekda Kota Semarang Targetkan Akhir 2022 Masjid dan Mushola Sudah Proses Hibah dan Wakaf

“Ini menjadi harapan baru lahirnya Lektor Kepala dan Guru Besar dari rahim Kementerian Agama dan Bapak/Ibu sebagai Tim Penilai PAK menjadi penjaga gawangnya”, tegas Nizar dihadapan para Tim Penilai PAK.

Guru Besar UIN Jogjakarta ini mengapresiasi langkah cepat Direktorat Diktis, menindaklanjuti PMA 7/2021 dan KMA No. 856/2021 dengan menggelar penyamaan persepsi Tim PAK sebagai bekal penilaian LK/GB.

Sebagaimana diketahui, Kemenag telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor:7 Tahun 2021 tentang Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama sebagai turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 46/2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan.

Dari PMA tersebut dikeluarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor:856/2021 tentang Pedoman Operasional Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu agama.

Baca Juga: Natasha Wilona Jadi Trending, Usai Berperan di Serial Dikta dan Hukum

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Muhammad Ali Ramdhani menegaskan bahwa Tim PAK LK/GB harus bekerja secara profesional dan wajib menjaga kualitas.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X