Sunset Design Talks Seri 4: DKV ISI Surakarta Angkat Aksara Tradisional Nusantara

- Sabtu, 27 November 2021 | 19:23 WIB
DKV FSRD ISI Surakarta menggelar bincang kreatif secara daring bertajuk Sunset Design Talks. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)
DKV FSRD ISI Surakarta menggelar bincang kreatif secara daring bertajuk Sunset Design Talks. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)

SOLO, suaramerdeka.com - Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta mengadakan bincang kreatif secara daring secara rutin yang bertajuk Sunset Design Talks #04.

Hal ini sebagai bagian komitmen program studi untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal budaya nusantara, 

Event keempat ini mengangkat tema Mendesain Aksara Tradisional Nusantara dengan narasumber Aditiya Bayu Perdana @by.abay

Dia menceritakan pengalaman penelitian aksara nusantara yang ditelusur dari sumber lokal dan manca negara yang meliputi naskah-naskah kuno keraton hingga perpustakaan di bergai belahan negara manca.

Kegiatan webinar ini juga membahas mengenai proses alih wahana aksara nusantara yang mulanya dalam bentuk fisik naskah dan serat kuno menjadi bentuk digital yang telah dipublikasikan pada google fonts.

Baca Juga: Wonosobo Juara Umum Festival Tunas Bahasa Ibu Provinsi Jateng

Kegiatan ini diikuti 70an peserta yang terdiri dari internal mahasiswa ISI  Surakarta, praktisi profesional, dan pegiat tipografi Indonesia.

Sunset Design Talks #04 sebagai sarana bincang kreatif menjelang senja dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 27 November 2021 mulai pukul 15.00 hingga 17.30 WIB.

Ipung Kurniawan, selaku moderator yang juga dosen Prodi DKV ISI Surakarta ini menjelaskan bahwa dengan tema Mendesain Aksara Tradisional Nusantara ini diharapkan memberikan wawasan dan memantik semangat mahasiswa dalam mengetahui kembali dan menyelami khasanah aksara nusantara yang sangat berpotensi untuk diteliti lebih dalam.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ika FISIP Undip Targetkan 40 Beasiswa

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB
X